Saturday, January 19, 2008

Sikat Gigi

Sikat gigi berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dan mungkin, selain tusuk gigi, alat pengontrol plak yang paling dikenal adalah sikat gigi.


Meskipun demikian, kebanyakan orang sering memilih sikat gigi yang salah dan malah merugikan kesehatan giginya. Informasi berikut ini saya bagi dengan anda agar dapat memilih sikat gigi yang tepat.



Sikat gigi Manual

Terdapat dalam berbagai ukuran, bentuk, sudut tangkai, diameter bulu sikat.

Standar sikat gigi yang biasa digunakan di Indonesia adalah :

  • Kepala sikat

Panjang 2-3,5 cm

Lebar 0,5-1 cm

Bulu sikat terbagi dalam 2-4 baris

Setiap berkas bulu sikat ada 5-12 bulu sikat

Permukaan bulu sikat rata

Ujung bulu sikat membulat

  • Tangkai dan kepala sikat sejajar. Atau dengan bentuk lain yang harus dapat mencapai dan membersihkan seluruh gigi dalam mulut.
  • Kekerasan bulu sikat.

soft : 0,2 mm

medium : 0,3 mm

hard : 0,4 mm

Bulu sikat jenis Soft, lebih fleksibel, dapat mencapai sulkus (bagian gusi yang menempel ke gigi) dan proksimal (pertemuan antara dua gigi di mulut, sisi gigi) gigi, tetapi tidak terlalu efektif untuk plak yang tebal. Bulu sikat yang lunak multituft (banyak berkas bulu sikat) bila digunakan dengan sedikit tekanan akan menghilangkan plak lebih banyak, bila dibandingkan dengan bulu sikat keras.

Medium membersihkan lebih baik daripada bulu soft dalam kasus plak yang lebih tebal.

  • Permukaan bulu sikat membulat. Dengan bulu sikat yang membulat akan mengurangi abrasi pada gusi.

Sikat gigi sebaiknya diganti bila bulu sikatnya sudah berubah atau rusak (lebih kurang 2-4 minggu). Biasanya bisa dilihat dari kondisi bulu sikat yang mengembang.

Untuk pasien khusus dapat dianjurkan pemakaian sikat gigi :

  • Kepala sikat pendek atau kecil.
  • Permukaan bulu sikat rata, ujungnya membulat. Terutama pada penderita gingivitis dan penyakit periodontal lainnya yang gampang teriritasi dan berdarah.
  • Bulu sikat soft-medium. Sebagaimana sudah disebutkan di atas, bulu sikat soft dan medium lebih efektif untuk digunakan dibanding bulu sikat jenis lainnya.
  • Multituft (berkas bulu sikat yang lebih banyak).

Sikat Gigi Elektrik

Ada berbagai macam jenis sikat gigi elektrik, berdasarkan bentuk, berdasarkan ukuran, dll. Tetapi yang paling penting dari sikat gigi elektrik adalah gerakan yang dihasilkan. Sikat gigi elektrik umumnya bergerak secara :

  • Maju mundur
  • Sirkular
  • Eliptikal
  • Kombinasi

Penggunaan sikat gigi elektrik bisa digunakan oleh anda. Akan tetapi, penggunaan sikat gigi elektrik lebih diutamakan untuk :

  • Individu dengan kemampuan pergerakan tangan yang kurang. Misalnya pada kasus penderita cacat tubuh. Pada umumnya mereka mengalami kesulitan untuk menggerakan skat gigi sebagaimana orang normal.
  • Anak cacat mental, pasien rawat inap. Biasanya pasien rawat inap dan orang cacat mental tidak mampu melakukan kegiatan normal dengan baik. Padahal, mereka tetap akan menderita ketika mengalami sakit gigi. Oleh karena itu, biasanya ada orang-orang terdekat yang akan membantu mereka menjaga kebersihan giginya.
  • Pemakai alat ortodontik. Alat ortodontik (kawat gigi) terutama yang permanen, tidak bisa dilepas-pasang sebagaimana kawat gigi yang lepasan. Padahal, alat ortodontik yang permanen akan memberikan kesempatan menempelnya sisa makanan lebih banyak. Penggunaan sikat gigi sistem manual, dikhawatirkan tidak akan bisa membersihkan dengan optimal. Oleh karenanya, disarankan sikat gigi elektrik untuk kelompok ini.

semoga bermanfaat...^_^

5 comments:

  1. pak dokter, ngerti pemasangan kawat gigi ngga? dulu sy prnh pake kwt gi2, udah teratur pake retainer, tp sy ko ngrasa gigi sy balik lg, itu krn knp ya? klo balik k dokterny lg, kira" tindakan apa yg bakal dilakukan si dokter? jawab ya pak dokter!! tenkyu yaah ^^

    dinda: http://missglasses.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. Anthony Mohammed RobbinsFebruary 9, 2008 at 2:56 AM

    wah...ini mah ngejawabnya musti dengan tatap muka dulu. soalnya, harus bla....bla...bla...(biasanya untuk mengetahui perkembangan gigi pasien, si dokter sudah nyimpan model dari gigi si pasien, fungsinya untuk ngeliat apakah perawatan brhasil atau tidak) jadi gak bisa berdasarkan perasaan aja dinda missglasses. tindakan yang mungkin dilakukan oleh si dokter seandainya memang gigi dinda balik lagi adalah mengutak-atik retainernya atau bahkan menggantinya. oh ya, saya bukan dokter gigi, tapi "calon". jadi jawaban ini masih berdasarkan teori aja belum pasti. sebaiknya dinda segera menemui dokter tempat masang kawat dulu, terus curhat deh sama beliau...semoga ada manfaatnya, terima kasih atas kunjungannya...missglasses

    ReplyDelete
  3. oooh, minggu depan jg sy rencananya mo balik. kira" si dokter masih punya cetakan gigi sy ngga ya? emang si, retainer sy yg atas dah aga rusak *jatoh di kmr mandi*. wehhe, jorok abiss.
    tapi itu rusak setelah masa pemakaian retainer *6 bulan + bln lg krn bergeser*.
    wah, calon dokter, hebatt! rencana praktek di mana? sukses yah!
    oh ya. ngga kepikiran pndh k wordpress ato multiply, biar bnyk comment gitu.

    tenkyuu

    ReplyDelete
  4. yah klo diliat emang bisa karena retainernya yang ga beres.
    iya sep, kenapa ga pindah ke wordpress aja ato multiply biar bynk respon dari pembaca.

    ReplyDelete
  5. Anthony Mohammed RobbinsFebruary 13, 2008 at 11:07 AM

    amiiiiinnn....pengennya sih pulang kampung atau paling jauh di daerah Asia aja (amin). pengen sih di multiply atau wordpress. tapi, mereka ga nerima pemasangan iklan, padahal saya masih harus memasang iklan yang sudah dipesan. jadinya, blogger tetap pilihan terbaik, mungkin suatu saat nanti akan saya buat versi wordpressnya. doakan saja ^_^

    ReplyDelete