Tuesday, January 1, 2008

EKSPEDISI PAMALAYU MAHASISWA PADANG

Kamis, 27 Desember 2007. 50 mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang memulai Arung Sejarah Ekspedisi Pamalayu kemarin pagi. Ekspedisi tiga hari itu akan menelusuri jejak-jejak Adityawarman di Sumatera Barat.

Ekspedisi akan melalui Batang Hari dari Jambi (Selat Malaka) ke arah hulu yang terletak di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Di sepanjang aliran sungai itulah, terutama di nagari Siguntur, Dharmasraya, masih banyak arca, candi, dan pola kehidupan sosial peninggalan zaman Adityawarman.

”Termasuk di antaranya tapak patung Adityawarman yang sekarang berada di Museum Nasional Jakarta” ujar Nurmatias, Kepala Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Padang. Kegiatan arung sejarah ini akan mempelajari peninggalan-peninggalan tersebut.

Adityawarman adalah pendiri kerajaan Pagaruyung di Sumatera Barat pada 1347. awalnya ia adalah panglima Kerajaan Majapahit yang diberi tugas melakukan politik ekspansi di tanah Melayu. Dalam ekspedisinya itu, Adityawarman menaklukkan sisa-sisa kerajaan Sriwijaya.

Koran Tempo

No comments:

Post a Comment