Saturday, January 19, 2008

KELEDAI DAN SUMUR TUA


“Keberhasilan tidak diukur dengan apa yang telah anda raih, namun kegagalan yang telah anda hadapi, dan keberanian yang membuat anda tetap berjuang melawan rintangan yang datang bertubi-tubi.” (Orison Swett Marden)

Pada suatu hari, keledai milik seorang petani jatuh ke dalam sumur. Dan si petani bingung apa yang harus dilakukan.



Akhirnya, dia merasa keledai itu sudah tua dan sumur itu juga sudah lama tidak dipakai semenjak air ledeng menjangkau desanya. Jadi keledai itu tidak perlu ditolong. Dan ia mengajak tetangga-tetangganya untuk membantu menimbun sumur itu. Satu-persatu tetangganya datang sambil membawa cangkul dan sekop.

Ketika keledai melihat tanah mulai berjatuhan dari mulut sumur, dia mulai menyadari apa yang sedang terjadi. Lalu dia mulai meronta-ronta. Namun, kemudian dia terdiam. Setelah beberapa sekop tanah dibuang ke dalam sumur, si petani melihat ke dalam dan terkesima melihat apa yang telah terjadi di dalam sumur.

Meskipun tanah tak hentinya dituangkan ke dalam sumur dan mengenai punggungnya, si keledai ternyata melakukan sesuatu yang mengagumkan. Ia mengguncangkan tubuhnya sehingga tanah yang berada di punggungnya turun ke bawah dan kemudian ia menaiki tanah itu.

Si petani kemudian terus menuangkan tanah kotor ke dalam sumur itu. Dan si keledai terus mengguncangkan badannya dan menaiki tanah yang jatuh ke bawah. Si keledai akhirnya bisa mencapai bibir sumur dan kemudian meloncat membebaskan dirinya.

Inspirasi :

Kadang kala kita tercebur ke dalam sumur(permasalahan). Dan jalan untuk keluar dari sumur itu adalah mengguncangkan tanah, dan kotoran dari hati dan pikiran kita untuk kemudian dijadikan sebagai pijakan keluar dari masalah itu.

Ketika semua masalah sudah terasa menarik kita terlalu dalam, berusahalah untuk tetap tenang. Menarik nafas dalam dan menghembuskannya perlahan. Carilah suasana yang menurut kamu paling nyaman. Entah itu di pegunungan, sungai, pantai, kamar, bahkan tempat dugem sekalipun, jika itu membuat kamu nyaman. Yang gw maksud nyaman di sini adalah, kamu bisa menstabilkan pikiran dan mengelompokkan masalah. Jika kamu ke tempat dugem dan ternyata di sana kamu melupakan semua masalah maka itu bukan tempat yang tepat. Melupakan masalah takkan pernah menyelesaikannya.

Setelah suasana nyaman kamu dapatkan, ambillah posisi nyaman, cobalah menutup mata seperti halnya ketika berlatih meditasi. Dengarkan semua suara yang ada. Kelompokkan suara-suara itu, suara mobil, motor, angin, burung dan sebagainya. Rasakan udara memasuki hidung hingga memenuhi paru-paru. Setelah proses-proses tersebut selesai kamu lakukan, sekarang pikirkan permasalahan-permasalahan yang menimpamu. Ambil satu. Apa solusi terbaik dari masalah itu? Benarkah itu solusi terbaiknya? Lalu apa kemungkinan terburuk jika masalah itu malah tak terselesaikan dengan solusi ini? Apa yang akan terjadi jika kamu menghadapi kemungkinan terburuk itu?

Setiap masalah adalah sebuah pijakan yang akan membawa diri kita lebih tinggi. kita dapat keluar dari sumur sedalam apapun, dengan terus mengguncangkan hal-hal negatif yang menimpa diri kita.

Ada lagi caranya almarhum Sam Walton (pendiri Wal Mart) ketika menghadapi kegagalan. Beliau selalu menjadikan kegagalan sebagai hiburan. Ketika masalah menimpa, Sam Walton selalu bertindak seolah semuanya baik-baik saja. Kalau semua permasalahan di tokonya berantakan, beliau kadang mengambil kostum menggelikan dan menari-nari sambil mengajak karyawannya bernyanyi. Hasilnya, dua efek sekaligus, karyawan yang awalnya stress kembali tenang, dan para pesaing menjadi terkelabui. Keren kan?

Berbahagialah jika semakin banyak masalah menimpa, soalnya itu berarti kamu bakal mendapat kedudukan yang lebih tinggi. Kayak UN, kan musti ngadepin ujian dulu sebelum dinyatakan lulus n siap ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Begitu juga dengan kehidupan. Pikirkan dan bayangkan gimana nikmatnya setelah kita lulus ujian. Orang-orang yang luar biasa selalu memandang setiap masalah sebagai tangga untuk meraih kedudukan yang lebih baik, kondisi fisik yang lebih baik, juga kondisi jiwa yang lebih baik.

Beberapa latihan yang bermanfaat buat beberapa hari ke depan adalah :

1. Ga usah mikirin perasaan atau pikiran yang ga guna.

Begitu ada pikiran atau perasaan yang ga guna muncul di kepala, sesegera mungkin alihkan perhatian pada hal lain. Atau setiap kali pikiran itu muncul ucapkan istighfar dalam hati. Dengan demikian insya Allah, Tuhan juga bakal ngasih kemudahan buat kita dalam berfikir positif.

2. Mulailah hari dengan pertanyaan-pertanyaan yang membangkitkan jiwa positif.

Waktu bangun pagi, langsung fikirkan perbuatan-perbuatan positif apakah yang bakal kamu kerjain hari ini. Ke sekolah, minta maaf sama sahabat yang udah disakiti, belajar lebih rajin dan proaktif dll.

3. Begitu ada masalah di depan mata, langsung fokuskan diri pada solusinya.

Ketika sebuah masalah terjadi, cobalah untuk tidak memfokuskan fikiran pada masalahnya, tapi apa solusi-solusi yang mungkin dikerjakan untuk masalah tersebut.

4. Kalau kamu terfokus pada pikiran negatif untuk waktu yang lama, stop dulu. Tapi mulai lagi dari kegiatan nomor 1 di hari berikutnya.

So bersabarlah menghadapi setiap persoalan, karena mereka adalah tangga menuju taraf kedewasaan yang lebih tinggi. Keep fighting bro !!!

Lord Kelvin juga memprediksikan bahwa mesin terbang dengan massa yang lebih besar dari udara mustahil dibuat. Ternyata terbukti kemudian penerbangan pertama Wright bersaudara hanya berhasil mencapai jarak setengah dari panjang sayap Boeing 747.


No comments:

Post a Comment