Saturday, January 12, 2008

Gangguan sendi rahang (TMJ)

Kelainan TMJ meliputi bermacam kondisi yang menimbulkan rasa sakit dan perih di sendi rahang (TMJ). TMJ adalah sebuah sendi yang berupa sambungan di kedua sisi kepala anda. Rahang bawah (mandibula) berhubungan dengan tulang temporal dari tengkorak anda.



Rahang bawah memiliki ujung yang bundar (kondilus) yang bertaut dengan tulang temporal dari tengkorak dan akan bergerak keluar masuk ketika anda berbicara atau mengunyah makanan. Permukaan kondilus dan soketnya di tulang temporal dilapisi oleh jaringan kartilago (tulang rawan) dan dipisahkan oleh sebuah piringan kecil yang akan meredam benturan dan menjaga pergerakannya tetap halus. Otot di sekitar rahang anda menjaga agar sambungan ini tetap dalam posisinya.

Kebanyakan kasus dapat diatasi dengan bantuan si penderita sendiri atau tanpa tindakan pembedahan. Tapi, kasus yang lebih parah mungkin membutuhkan tindakan yang lebih berat oleh dokter gigi atau dengan tindakan bedah.

Tanda dan gejala

Tanda-tanda dan gejala gangguan TMJ adalah :

  • Sakit atau perih di rahang
  • Rasa sakit di sekitar telinga
  • Kesulitan menelan atau perasaan tidak nyaman ketika menelan
  • Rasa sakit di wajah
  • Suara clicking atau perasaan tidak mulus ketika mengunyah atau membuka mulut anda.
  • Rahang terkunci, sehingga mulut sulit dibuka atau ditutup.
  • Sakit kepala
  • Gigitan yang tidak pas
  • Gigi-gigi tidak mengalami perlekatan yang sama karena ada sebagian gigi yang mengalami kontak prematur (lebih awal dari yang lain)

Bisa saja anda merasakan sakit ketika tidak menggerakkan rahang anda sekalipun. Tapi pada kebanyakan kasus, rasa sakit terasa ketika rahang mulai digerakkan.

Clicking rahang sering juga terjadi pada rahang normal dan tidak pasti menandakan sebuah masalah. Jika tidak ada nyeri atau kekakuan yang membatasi pergerakan rahang, bisa jadi anda memang tidak mengalami gangguan TMJ.

Penyebab

Beberapa kasus TMJ ditelusuri lewat trauma yang dialami rahang, degenerasi jaringan di sekitar sendi rahang, osteoartritis, reumatoid artritis atau inflamasi.

Kebanyakan kasus gangguan TMJ, belumlah jelas penyebabnya. Beberapa ahli percaya respon terhadap stress dan kecemasan adalah hal utama yang berkontribusi terhadap terjadinya gangguan TMJ.

Jika anda sering menggemertakkan rahang anda ketika stress, merasa sakit atau berkonsentrasi, otot-otot TMJ tetap dalam keadaan berkontraksi. Hal ini membuat otot mulut menjadi terganggu.

Kebiasaan lain yang mungkin juga mengganggu kondisi otot rahang adalah menggigit-gigit pulpen atau permen karet.

Posisi kepala, leher dan bahu yang tidak bagus, misalnya mendorong badan ke depan saat di komputer atau membaca sambil tiduran, akan memberi tekanan yang tidak ideal pada otot dan rangka tubuh yang juga tentunya berkaitan erat dengan otot rahang dan sendi rahang.

Diagnosis

Beberapa tes yang dilakukan untuk menetapkan bahwa anda mengalami gangguan TMJ adalah :

  • Riwayat kesehatan anda. Seperti berapa lama anda merasakan sakit pada rahang, apakah anda pernah mengalami cedera di rahang, atau apakah anda pernah mendapatkan perawatan gigi baru-baru ini.
  • Mendengarkan pergerakan rahang anda dan merasakan pergerakannya saat membuka atau menutup mulut.
  • Mengamati seberapa besar pergerakan rahang anda.
  • Menguji pengunyahan anda untuk melihat apakah ada sesuatu yang abnormal.
  • Memeriksa kondisi tambalan gigi apakah terlalu tinggi, gigi yang miring, gigi yang tanggal sebelum waktunya dan lain-lain yang bisa menimbulkan gangguan pergerakan rahang.
  • Memeriksa tanda-tanda bruxism pada gigi anda
  • Menekan-nekan daerah sekitar rahang anda untuk menemukan lokasi ketidaknyamanan.
  • Menanyakan apakah anda sedang stress atau mengalami anxietas (kecemasan)

Dokter anda juga akan memerintahkan foto rontgen kepala anda untuk mengetahui kondisi sebenarnya di rahang.

Perawatan

Tanpa bedah
Beberapa kasus gangguan TMJ akan berakhir dengan perawatan biasa yang bahkan mungkin tidak membutuhkan kehadiran dokter gigi di samping anda. Di antaranya :

  • Mengubah kebiasaan buruk. Dokter gigi anda hanya akan mengingatkan anda utnuk lebih memperhatikan kebiasaan-kebiasaan anda sehari-hari. Misalnya kebiasaan menggemertakkan gigi, bruxism, atau menggigit-gigit benda lain. Kebiasaan ini harus digantikan dengan kebiasaan baik seperti membiarkan otot mulut dalam kondisi rilex dengan gigi atas dan bawah tidak terlalu rapat, lidah menyentuh langit-langit dan berada tepat di belakang gigi atas anda.
  • Mengurangi kelelahan otot rahang. Dokter gigi anda akan meminta anda tidak membuka mulut terlalu lebar dalam berbagai kesempatan. Contohnya ketika tertawa tidak berlebihan.
  • Peregangan dan pijatan. Dokter gigi akan memberikan latihan bagaimana caranya meregangkan atau memijat otot rahang anda. Sebagai tambahan juga mungkin akan diberikan petunjuk bagaimana posisi kepala, leher, dan bahu yang tepat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Kompres panas atau dingin. Dengan mengompress kedua sisi wajah anda baik dengan kompres panas atau dingin akan membantu relaksasi otot rahang.
  • Obat anti inflamasi. Untuk mengurangi inflamasi (peradangan) dan rasa sakit, dokter gigi anda mungkin akan menyarankan aspirin atau obat anti inflamasi nonsteroid lainnya, misalkan ibuprofen (Advil, Motrin, dll)
  • Biteplate. Jika TMJ anda mengalami kelainan pada posisi mengunyah, sebuah biteplate (pemandu gigitan) akan diberikan. Biteplate dipasang di gigi untuk menyesuaikan rahang atas dengan rahang bawah. Dengan posisi mengunyah yang benar tentunya akan membantu mengurangi tekanan di struktur sendi.
  • Penggunaan night guard. Alat ini berguna untuk mengatasi kebiasaan bruxism di malam hari.
  • Terapi kognitif. Jika TMJ anda mengalami gangguan karena stress atau anxietas, dokter gigi anda akan menyarankan untuk menemui psikiater untuk mengatasinya.

Perawatan lanjutan
Jika perawatan non bedah tidak berhasil mengurangi gejala gangguan TMJ, dokter gigi anda akan merekomendasikan perawatan berikut :

  • Perawatan gigi. Dokter gigi anda akan memperbaiki gigitan dengan menyeimbangkan permukaan gigi anda. Caranya bisa dengan mengganti gigi yang hilang atau tanggal, memperbaiki tambalan atau mahkota.
  • Obat kortikosteroid. Untuk sakit dan peradangan pada sendi, obat kortikosteroid akan diinjeksikan ke dalam sendi.
  • Arthrocentesis. Prosedur ini dilakukan dengan jalan menyuntikan cairan ke dalam sendi untuk membuang kotoran atau sisa peradangan yang mengganggu rahang.
  • Pembedahan. Jika semua perawatan tidak berhasil juga, dokter gigi akan merujuk anda ke dokter gigi spesialis bedah mulut.

Kembangkanlah beberapa teknik berikut untuk mengurangi gangguan TMJ.

  • Bernafas dalam. Orang dewasa kebanyakan bernafas dengan dada. Sementara itu anak-anak kebanyakan bernafas dengan diafragma. Diafragma adalah lapisan tipis yang memisahkan dada dengan perut anda. Teknik pernafasan ini akan membantu anda lebih rileks.
  • meditasi
  • Musik, terapi seni
  • Yoga


12 comments:

  1. Terimakasih infonya..

    Kebetulan saya sedang mencari2 info ttg TMJ ini. Karena rahang saya clicking. Kurang tahu juga penyebabnya apa? mungkin karena saya menggunakan 1 sisi ketika mengunyah?
    Sekarang sdg mau diberikan perawatan. Masih mencari-cari info dulu..

    Karena saya di Bandung, direkomendasikan ke Drg. Jacobus. Katanya bagus..tapi..awis euy.. :p

    ReplyDelete
  2. Anthony Mohammed RobbinsFebruary 20, 2008 at 8:50 PM

    wah....drg. Jacobus ya? beliau memang ahlinya TMJ (berdasarkan info dari teman sejawat saya). katanya beliau pernah mengambil kursus khusus mengenai TMJ.

    semoga cepat sembuh Lintang...

    ReplyDelete
  3. Salam kenal Mas Asep :)

    Thanks atas info TMJ-nya
    Artikel ttg TMJ ini bagus banget. Saya penderita TMJ dan sudah berobat ke dokter gigi. Sudah pakai mouth guard tiap malam, kompres panas - dingin etc tapi sakitnya kok ngga berkurang ya???

    Bisa rekomendasikan dokter yang biasa tanganin penyakit ini ngga Mas? (saya tinggal di Jakarta)

    Saya sudah hampir putus asa dan sudah tidak kuat lagi menahan rasa sakitnya.

    Please help ya klu ada info ttg dokter yg biasa menangani TMJ

    Trima kasih
    Petra

    ReplyDelete
  4. Anthony Mohammed RobbinsJuly 4, 2008 at 12:25 AM

    saya hanya bisa merekomendasikan nama dan kemungkinan tempat beliau berada mas. kalau nomor kontak dan sejenisnya saya tidak punya. pertama, drg Jacobus Runkat, bisa ditemui di Bagian Kedokteran Gigi Anak, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNPAD, sekeloa Bandung. kedua, anda bisa menemui dokter Mohammad Endang Daud atau dokter Harmas Yazid. beliau adalah dokter ahli bedah mulut senior di RSHS Bandung. selanjutnya.....terserah anda ....hehe becanda....semoga cepat sembuh ya...

    ReplyDelete
  5. Saya terlambat mengetahui pengertian tentang TMJ ini, yang ternyata dialami oleh anak saya yang tercinta.3 tahun lamanya anak saya menderita nyeri sendi di rahang ini, hingga menyebabkan kekakuan pada wajah dan sakit kepala yang luar biasa dahsyatnya. Walaupun dirawat di RS tetapi karena hasil pemeriksaan melalui tes laboratorium semua hasilnya baik, saya masih tetap memeriksakan anak saya.. mencari-cari ke mana anak saya harus diperiksakan. hingga akhirnya sampailah dirujuk ke ahli prostodonti untuk dipasang occlusal, dan ketika diperiksa ke ahli ortodonti, ternyata dirujuk ke dokter Jacobus Runkat. Anakku mengalami TMJ. Barulah saya mencaritahu lebih banyak lagi mengenai TMJ dan dokter Jacobus. Semoga ada jalan keluar dan sembuh dari nyeri ini. Terimakasih atas artikelnya.

    ReplyDelete
  6. untuk penderita TMJ silahkan hubungi DR. drg. Ratna Sari Dewi Sp. Pros di kampus FKG UI pada jam kerja (08.00-16.00) atau ke RSD Dental Clinic di Pejaten, Jaksel. Telp. 021-29048685.

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum, dokter TMJ yg bagus di Jakarta siapa ya pak? Kmudian alamatny dimana? Yg bnr2 bagus, krn saya takut salah penanganan :D
    Terima kasih byk sbelumnya..

    ReplyDelete
  8. Terimakasih penjelasannya mas. Saya mengalami beberapa gejala sperti yg mas tulis. Bisa rekomendasikan dokter yg tepat yg harus saya kunjungi untuk pemeriksaan TMJ ini mas?? Saya tinggal di Surabaya.

    Trims.

    ReplyDelete
  9. dari kemarin saya nyeri pada rahang , dan ada sedikit benjolan dirahang ,nyeri nya kadang berpindah kadang nyerinya di rahang kanan & kadang nyerinya di rahag kiri. sepertinya saya sering tertawa berlebihan jadi saya ada ganguan rahang.

    ReplyDelete
  10. Kalo di Bandung ada gk ya tempat buat benerin rahang.rahang saya suka bunyi kalo di buka maupun di tutup rasa nya risih banget klo lg diner m pasangan soal nya berisik klo di pke makan. Mohon info nya y. Trims

    ReplyDelete
  11. Kalo di Bandung ada gk ya tempat buat benerin rahang.rahang saya suka bunyi kalo di buka maupun di tutup rasa nya risih banget klo lg diner m pasangan soal nya berisik klo di pke makan. Mohon info nya y. Trims

    ReplyDelete
  12. Bagaimana perkembangan temen teman yang terkena TMJ? Apakah sudah pulih? Kebetulan saya perlu info karena belakngan ini terkena TMJ, semoga kita semua cepat pulihh, aminn:)

    ReplyDelete