Friday, January 4, 2008

PATUNG LIBERTY TIDAK DIBUAT DI AMERIKA


Patung Liberty yang menjadi kebanggaan Amerika, khususnya kota New York ternyata bukanlah buatan bangsa Amerika sendiri. Patung tersebut adalah hasil karya orang-orang Perancis yang kemudian menghadiahkan patung Dewi Kemerdekaan tersebut sebagai ucapan selamat atas usia kemerdekaan Amerika yang ke-100.




Patung itu dirancang oleh pemahat Perancis bernama Frederic Auguste Bartholdi. Patung Liberty saat itu dibuat sebagai bongkahan-bongkahan yang diproses selama tahun 1884. Setelah disusun dan sesuai dengan rancangan, patung tersebut kembali dibongkar untuk kemudian dikirimkan ke Amerika. Tercatat ada 200 kontainer yang dibutuhkan untuk pengiriman patung ini. Bayangkan saja, itu untuk mengemas sebuah patung dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton. Bagian dalamnya dibuat dengan sistem kerangka baja, dan bagian luarnya dilapisi tembaga. Dan tahukah anda? Ternyata rangka baja tersebut dirancang oleh Gustave Eiffel, yang juga perancang Menara Eiffel.

Di Amerika, patung Dewi pembawa obor ini dikumpulkan di Bedloe’s Island, yaitu sebuah daratan yang menjorok ke laut di salah satu sudut kota New York untuk disusun menjadi patung besar yang utuh kembali. Saking besar dan rumitnya penyatuan bongkahan-bongkahannya, Liberty baru bisa dinikmati oleh penduduk Amerika sepuluh tahun setelah hadiah itu diterima, yaitu 26 Oktober 1886.


No comments:

Post a Comment