Tuesday, January 1, 2008

fatihsyuhud.com


Blog keren Indon eh sorry Indonesia



Seandainya ada yang pernah ngeliat tampilan blog ini ketika masih beralamat di blogspot, mungkin sudah tahu betapa sederhana desain blognya mas Fatih ini. Saya sendiri masih belum terlalu ngeh, kenapa blog ini bisa saya kenal baik.

Mungkin saja karena isinya yang cukup ’newbie friendly’ alias bagus untuk newbie di dunia blogger.

Bagaimana tidak? Beliau menjelaskan hampir semua seluk beluk blog dengan bahasa yang ringan, mudah dimengerti, bahkan untuk orang-orang baru yang belum paham tentang bahasa pemrograman. Asyiknya lagi, beliau menjelaskannya dari blogger lama sampai wordpress. Singkatnya, blog yang sekarang beralamat di fatihsyuhud.com ini komplit-plit.

Mungkin ada yang bilang sudah banyak blog yang ngebahas hal yang sama. Tapi mungkin karena blog-blog lain yang sudah ngetop terlalu akrab dengan dunia mereka. Kalau meminjam pandangan salah satu blogger senior, mereka terlalu melangit. Isi blog mereka bagus, tapi bukan untuk pemula. SEO, dan bla-bla-bla lainnya dijelaskan dalam bahasa pemrograman yang mungkin menurut mereka adalah bahasa paling sederhana di dunia. Padahal.....hanya mahasiswa IT yang mengerti.

Kembali ke blognya mas fatih, isinya bukan sekedar tutorial blog saja, tapi juga mengulas hal-hal yang lagi marak di Indonesia. Contohnya tulisan beliau tentang gempa di sumatra diapresiasi sama salah satu situs terkenal di Amrik, alhasil pagerank beliau pun ikut terdongkrak.

Akhir kata, berikut beberapa kunci hebat blog ini menurut saya

  1. Kemampuan bahasa Inggris beliau yang mumpuni, didukung juga oleh latar belakang pendidikan yang dari luar (India kalau ga salah).
  2. Beliau mengerti bahasa pemrograman, meskipun desain blognya tidak tampak terlalu istimewa.
  3. Menggunakan bahasa sederhana dan dimengerti orang awam
  4. Target pembaca yang memang bagus, yaitu blogger yang blogger (gimana ya nyebutnya?) isinya betul-betul apa yang dibutuhkan oleh blogger

Intinya....T-O-P B-G-T H-B-S

Ohya, semoga semakin banyak blogger top di Indonesia yang nulis dalam bahasa inggris dan mudah-mudahan bisa menyaingi Darren Rows (apa ross ya? Atau rose? Pokoknya itulah)


1 comment: