Tuesday, January 1, 2008

NAFAS BAU

Mungkin anda pernah mendengar ada orang terdekat atau mencium sendiri bau mulut seseorang yang sangat tidak menyenangkan (atau anda pernah mengalami sendiri?). Bau mulut (halitosis) itu biasanya dicoba dihilangkan dengan membeli berbagai jenis penyegar bau mulut, atau bahkan mouthwash.

Apa penyebab bau mulut itu?

· Makanan. Adanya sisa-sisa makanan di sekitar gigi dan rongga mulut dapat menyebabkan bau mulut. Makanan berlemak atau bersantan juga berpotensi besar menyebabkan bau mulut. Yang paling terkenal tentu saja bawang, tetapi masih ada banyak bumbu dapur lainnya yang juga menyebabkan bau mulut. Ketika makanan ini dicerna di lambung, sari makanan tersebut yang mengandung bau akan meresap perlahan ke dalam paru-paru yang posisinya tidak terlalu jauh dengan lambung. Inilah yang menyebabkan nafas bau anda. Bau ini akan hilang dengan sendirinya setelah makanan selesai dicerna dan sari-sari penting terserap serta ampas (kotoran) terbuang sempurna.

Alkohol juga bisa bikin bau mulut. Tapi bukan gara-gara alkoholnya yang pasti tidak punya bau (suer!). yang bikin bau adalah bahan-bahan lain yang jadi campuran minuman keras itu. Jadi, kalau mau minum alkohol, minumlah yang murni (mati ga tanggung jawab ya!)

· Masalah kesehatan gigi. Kebersihan mulut (oral hygiene) dan penyakit periodontal bisa menyebabkan bau mulut juga. Apalagi, kalau anda tidak menggosok gigi atau membersihkan gigi secara rutin. Sisa-sisa makanan yang menumpuk di sekitar gigi akan memancing bakteri-bakteri yang akan menghasilkan uap hidrogen sulfur yang tentu saja bau.

Tumpukan makanan yang tidak dibersihkan akan mengeras dan disebut plak. Jika plak ini tidak dibersihkan bisa memicu karies (lubang gigi) atau merusak jaringan gusi. Akhirnya, akan terbentuk sebuah kantong berisi plak di perbatasan gigi dan gusi. Hal ini akan memperparah kondisi gigi dan bau mulut. Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara rutin atau tidak pas di mulut pasien juga bisa menjadi sarang bakteri dan sisa makanan.

  • Mulut kering. Saliva, atau ludah berfungsi untuk membersihkan dan membasahi mulut. Mulut yang kering menyebabkan sel-sel mati di dalam mulut menumpuk. Sel mati ini terdekomposisi dan menyebabkan bau mulut. Biasanya mulut menjadi kering ketika tidur. Ini juga yang menyebabkan bau mulut pas bangun tidur itu bau banget. Apalagi pada beberapa orang yang tidur dengan mulut menganga. Rokok juga bisa menyebabkan mulut kering, selain itu juga kelainan kelenjar saliva.
  • Sakit. Infeksi kronis atau abses di paru-paru bisa menyebabkan bau mulut yang edan. Gangguan ginjal bisa bikin nafas bau kencing. Gangguan hati bisa bikin nafas bau amis. Gangguan di lambung (maag) dan sekitar perut juga.
  • Kondisi mulut, hidung dan tenggorokan. Nafas bau juga bisa disebabkan kelainan di sinus, atau ada benda asing yang terselip di dalam hidung. Infeksi di saluran nafas bagian atas, bronchitis juga menyebabkan bau mulut.
  • Merokok. Ini ga usah ditanya lagi. Rokok punya ribuan andil dalam gangguan kesehatan, termasuk juga bau mulut ini.

Kebanyakan kasus bau mulut, nafas bau bisa diatasi dengan memperbaiki kebersihan mulut pasien. Tetapi, jika kondisinya tidak teratasi, akan lebih baik jika mengunjungi dokter gigi, kalau ga juga, hubungi dokter umum.

Bagaimana caranya mencegah bau mulut?

  • Jangan lupa sikat gigi setelah makan, oh ya minimal 30 menit setelah makan.
  • Kalau sudah kenal dental floss akan lebih baik. Dental floss? Itu sejenis alat atau benang khusus yang cukup tipis tapi cukup kuat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang nyangkut di sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat gigi.
  • Mungkin juga belum banyak yang tahu, menyikat lidah. Menyikat lidah dapat mebuang sisa makanan, bakteri, sel-sel mati di lidah. Gunakan sikat yang lembut, gosok lidah minimal 5 kali sikat. Utamakan bagian tengah lidah karena di situlah kebanyakan bakteri bersemayam.
  • Untuk anda yang memakai gigi palsu. Bersihkan gigi palsu secara rutin, minimal sekali sehari atau sesuai perintah dokter.
  • Minum yang banyak. Bukan minuman manis, alkohol atau lain-lain, tetapi air putih biasa. Ini akan membantu mulut tidak kering. Permen karet yang tidak mengandung gula atau perasa juga bagus untuk merangsang saliva. Jika ternyata penyebabnya karena kelainan kelenjar saliva, segera hubungi dokter gigi atau dokter umum terdekat.
  • Gantilah sikat gigi secara rutin. Bisa jadi sikat gigi yang dipakai selama ini sudah tidak layak, tidak sanggup lagi membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi.
  • Periksakan diri ke dokter gigi secara rutin. Minimal 6 bulan sekali kunjungilah dokter gigi kepercayaan anda. Karena dokter gigi memiliki alat-alat yang lebih memadai untuk membersihkan mulut anda.

No comments:

Post a Comment