Saturday, January 19, 2008

Bagaimana memasang iklan orang di blog kita?

Mohon maaf sebelumnya kepada Mas Reza. Saya agak ambigu dalam memahami pertanyaan ini. Di satu sisi bisa diartikan sebagai ”Bagaimana caranya agar bisa memasang iklan di blog”. Di sisi lain, bisa diartikan juga ”Bagaimana caranya menampilkan iklan dari situs orang lain”. Tapi, karena saya juga bukan seseorang yang ahli di bidang blog saya akan menjawab semampu saya.



Untuk dapat menampilkan iklan di blog atau pun web yang kita punya ada langkah-langkah umum yang harus dilakukan.

Pertama, perlu dilihat dulu apa jenis layanan blog yang kita punya.

1. Blogger.com

Karena blogger sudah diakuisisi oleh Google, maka salah satu bagian terbesar dari industri periklanan di internet, yaitu Adsense sudah menjadi bagian integral di blogger.com. Sudah ada bagian khusus di blogger yang mengatur tentang penempatan Google Adsense di blog kita. Tetapi, tentu saja kita harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Adsense. Caranya, buka google.com dan pastikan dalam bahasa Inggris, temukan bagian advertise, terus klik yang for publisher (maaf, saya agak lupa-lupa ingat) kemudian daftarkan. Nanti setelah terdaftar, anda akan mendapatkan akses ke akun anda sendiri. Di dalam akun itu sudah ada layanan untuk mengatur iklan seperti apa yang ingin anda tampilkan di blog anda.

2. Wordpress.com

Wordpress.com tidak mengizinkan pemasangan iklan di blog yang berbasis layanan mereka ini. Jadi anda tidak akan bisa memasang iklan di situs ini.

3. web pribadi dengan membayar hosting pribadi.

Ini mah terserah anda mau pasang atau tidak. Soalnya, anda sudah membeli hak untuk menggunakannya semau anda.

Bagaimana cara memasang iklannya?

Mungkin saya tidak usah panjang lebar menjelaskan situs-situs yang menawarkan pemasangan iklan di blog. Coba cek di tulisan saya terdahulu di kategori blog atau business. Di situ ada banyak peluang untuk memasang iklan yang terdapat di internet.

Pada umumnya langkah-langkah memasang iklan di blog sama saja. Langkah pertama bikin akun di situs yang mengadakan program iklan tersebut. Kemudian setelah ada akun, masuk, modifikasi bentuk iklan yang ingin ditampilkan, lalu kopi kode HTML yang diberikan dan pasang di web/blog kita. Semudah itu.

Tapi, lihat juga persyaratan yang diberikan oleh situs tersebut, apakah anda sudah memenuhi atau tidak. Misal, Google Adsense mensyaratkan situs atau blog anda berbahasa Inggris, kecuali untuk program refferalnya. Text Link Ads dan beberapa situs lainnya mensyaratkan trafik yang tinggi yang dilihat dari indikator Alexa atau pun Pagerank anda.

Semoga mas Reza puas dengan jawaban saya. Tapi kalau lebih ingin ’dipuaskan’, coba saja buka www.edittag.blogspot.com atau www.edittag.com (coba aja dua-duanya). Atau www.fatihsyuhud.com .

Terima kasih atas kunjungannya ^_^


No comments:

Post a Comment

Post a Comment