Sunday, December 23, 2007

PSORIASIS

Sederhananya psoriasis adalah penyakit kulit yang terjadi sebagai akibat dari pergantian kulit yang terlalu cepat. Dalam keadaan normal, sel kulit akan mengalami pergantian setiap 28-30 hari. Pada kasus psoriasis, sel-sel kulit baru sudah dihasilkan hanya dalam 3-6 hari bahkan lebih cepat. Akibatnya sel-sel kulit tampak seperti sisik yang disebabkan oleh timbunan sel kulit.

Awalnya kulit penderita tampak berbintik merah yang kemudian melebar dan terdapat sisik keperakan berlapis-lapis. Kelainan ini muncul di bagian-bagian tertentu tubuh saja, karena bagian lain tubuh masih berproses dengan normal. Jika terjadi di kulit kepala, psoriasis tampak seperti ketombe. Kalau pada kuku, tampak seperti lubang-lubang dan kuku mudah hancur. Kadang disertai juga dengan rasa gatal.

Jenis-jenis psoriasis

  1. Psoriasis plak

Adalah bentuk yang paling banyak dijumpai. Ciri-cirinya kulit menjadi kering, terdapat lesi kemerahan (plak) yang diliputi sisik kemerahan. Rasanya gatal, bisa terjadi di semua bagian tubuh termasuk genital dan jaringan lunak di mulut. Kalau sudah parah, kulit pecah-pecah dan kadang berdarah.

  1. Psoriasis kuku

Pertumbuhan kuku menjadi abnormal, warnanya tidak sehat dan kuku mudah hancur.

  1. Psoriasis kulit kepala

Kulit kepala menjadi merah, gatal, dan bersisik seperti ketombe. Biasanya serpihan sisik itu akan mengotori bahu penderita sehabis sisiran, betul-betul seperti ketombe.

  1. Psoriasis guttate

Umumnya mengenai pasien berumur kurang dari 30 tahun. Ditandai oleh luka bersisik di lengan, kaki, atau kulit kepala.

  1. Psoriasis inverse

Umumnya menyerang kulit ketiak, lipatan paha, bawah payudara, dan sekitar genital, kulit meradang merah. Banyak ditemukan pada orang-orang yang gemuk.

  1. Psoriasis pustular

Bisa menyebabkan penderita demam, kedinginan, gatal-gatal, berat badan turun, dan kecapekan.

  1. Psoriasis eritroderma

Berpotensi mengenai seluruh tubuh. Kulit menjadi merah, beruam dan mengelupas, gatal seperti terbakar. Penyebabnya bisa karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung, konsumsi obat kortikosteroid, atau kelanjutan dari psoriasis lain yang tidak ditangani sempurna.

  1. Psoriasis artritis

Menyebabkan kuku kehilangan warna dan terlepas, juga bengkak dan nyeri pada persendian. Bisa berakibat peradangan di mata, sendi kaku, atau kerusakan sendi yang progresif.

Belum ada pengobatan yang tepat sampai saat ini. Tetapi psoriasis tidak mengancam jiwa pasien.

1 comment: