Sunday, December 23, 2007

KOMUNIKASI EFEKTIF LEWAT MILIS

  1. Pilih milis yang sesuai dengan profesi, latar belakang pendidikan, atau hobi anda.

  1. Kalau anda sudah bergabung dengan milis tertentu, aktiflah melakukan posting. Hal ini supaya keberadaan anda di milis itu diingat oleh orang lain, sehingga kalau anda butuh apa-apa, mereka segera membantu anda. Istilah gampangnya, tak kenal maka tak sayang.

  1. Hindari topik politik dan SARA.

  1. Kalau ada informasi yang menurut anda penting untuk diketahui, segera beritakan pada anggota milis lainnya. Siapa tahu ada di antara anggota milis lain yang punya info tambahan yang anda butuhkan. Saling tukar menukar informasi sering terjadi di milis.

  1. Gunakan bahasa email yang sederhana, komunikatif dan tidak norak. Tetaplah sopan dalam mengeluarkan pendapat meskipun anda tidak setuju dengan pendapat orang.

  1. Belajarlah berfikir positif, karena kebanyakan orang, bukan hanya anggota milis, lebih suka mendengarkan berita-berita bahagia ketimbang bersedih ria.

  1. Kalau ada informasi-informasi yang menarik menurut anda, segeralah tanggapi. Jika itu peluang usaha, anda bisa mengirimkan data diri anda secara langsung. Atau, jika anda takut, anda bisa menghubungi si pengirim lewat jalur pribadi yang biasanya mereka sertakan di setiap email mereka.

  1. Kalau ada anggota milis yang ngajak kopi darat, dan anda percaya, sediakanlah waktu untuk menemuinya. Ini bisa mempererat hubungan anda.

No comments:

Post a Comment