Sunday, December 23, 2007

Bagaimana Menyampaikan Ide Anda ?

Mungkin anda pernah merasa frustasi karena ide-ide atau usul-usul anda tidak diterima dengan baik oleh orang-orang yang anda harapkan. Saya juga pernah mengalaminya. Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam menyampaikan sebuah ide.

  1. Usul

Apa yang sesungguhnya anda usulkan? Apa yang anda tawarkan? Jangan sampai hanya sekedar kata-kata yang bahkan anda sendiri pun tidak mengerti bagaimana mewujudkannya. Semakin spesifik usul yang anda sampaikan akan semakin tertarik orang lain mendengarnya. Misalnya, anda ingin perubahan di Indonesia. Itu baru di awang-awang. Tetapi jika anda mengatakan, “Saya ingin perubahan di Indonesia dengan pertama-tama mengganti presiden, kemudian menteri-menteri dan begini, dan begitu....” Orang lain akan mulai menyukainya.

  1. Manfaat

Apa untungnya mengikuti ide anda itu? Apakah akan ada untungnya bagi orang yang mendengarkan anda? Misalnya anda mengusulkan pergantian presiden. Apa untungnya untuk masyarakat yang mendengarkan usul anda itu? Coba lihat dari sudut pandang mereka kemudian sampaikan pada pendengar. Misalkan, menurut anda ganti presiden akan membuat hidup anda lebih baik, tapi masyarakat berfikir akan sibuk kalau harus pemilu lagi.

  1. Bukti

Perkuat pendapat anda dengan bukti nyata. Dengan bukti yang ada akan semakin membuat pendengar anda yakin dan menganggap anda memang kredibel.

No comments:

Post a Comment