Saturday, December 1, 2007

Aksesoris Blog

Ada tool-tool yang bisa digunakan untuk menghias blog atau pun untuk memantau perkembangan blog kita. Di antara yang saya gunakan adalah :

Adalah tool yang dipasang di blog untuk menghitung jumlah pengunjung yang datang. Biasanya laporan jumlah pengunjung per minggu akan dikirimkan langsung ke email yang kita berikan saat pendaftaran.

Pagerank sangat penting dalam blog. Apalagi untuk problogger yang ingin membisniskan blognya. Kadang ada program iklan yang baru mau masang iklannya di blog kita kalau persyaratan pageranknya terpenuhi (biasanya di atas 4)

Ini adalah tool yang digunakan untuk melihat siapa saja yang sedang membaca blog kita. Biasanya foto mereka akan terpasang dan kita bisa melihat barangkali saja ada orang yang kita kenal yang sedang membaca blog kita

Kalau ini tool untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung blog kita dalam menuangkan pendapat atau pesan-pesan singkat kepada kita.

Ini fungsinya hampir sama dengan sitemeter, tapi neoworx akan memberikan dengan lebih jelas dari negara atau kota mana saja pengunjung blog kita berasal.

Ini fungsinya mirip sitemeter, tapi dengan tambahan info, berapa orang yang sedang online membaca blog kita saat itu.

Kalau ini untuk menjalin network dengan blogger-blogger lain di seluruh dunia.

Manjakan pengunjung yang sedang membaca blog kita dengan berita-berita terbaru dari blog atau web lain yang sudah menyediakan RSS.

pengunjung bisa melihat langsung kata-kata apa yang banyak terdapat dalam blog kita.

Jadi pengunjung tidak usah membuka situs google.com dulu untuk melakukan pencarian dan langsung melakukannya dari dalam blog kita.

pengunjung bisa mengetahui macam-macam hal seperti berita hari itu, siapa yang ultah hari itu, kejadian bersejarah di masa lalu dll.

pengunjung yang tertarik mungkin ingin mendapatkan info tentang apa yang terbaru di blog anda. Dengan tool dari feedburner setiap pengunjung bisa mendaftarkan emailnya untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email tentang artikel terbaru yang kita buat dan masukkan di blog.

No comments:

Post a Comment