Sunday, December 23, 2007

FUNGSI GIGI

  1. Pengunyahan (pencernaan)

Gigi berperan penting dalam proses pencernaan. Gigi akan memotong makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih nyaman dicerna di organ pencernaan lainnya.

Fungsi pencernaan/pengunyahan ini selanjutnya berkaitan pula dengan pertumbuhan gigi itu sendiri. Seiring perkembangan zaman, disadari bahwa gigi manusia, lebih tepatnya rahang, sering mengalami pertumbuhan yang tidak sempurna. Banyak terjadi kasus impaksi (gigi yang tertanam di dalam rahang tanpa bisa keluar kecuali dengan pembedahan). Berdasarkan penelitian, hal ini juga disebabkan oleh kualitas makanan modern yang semakin lama semakin lunak. Apalagi, kebiasaan memakan bubur atau mie instan. Hal ini menyebabkan berkurangnya rangsangan terhadap rahang yang berakibat rahang tidak tumbuh sempurna, begitu juga dengan gigi.

Setiap gigi memiliki fungsinya masing-masing dalam pengunyahan di antaranya

    1. gigi seri

berfungsi memotong makanan. Artinya ketika kita menggigit makanan, gigi serilah yang ditugaskan memotongnya terlebih dahulu menjadi bagian yang lebih kecil.

    1. gigi taring

fungsinya menyobek makanan. Terutama sekali perannya ketika memakan daging. Itulah sebabnya mengapa hewan karnivora memiliki banyak taring.

    1. gigi premolar (geraham kecil)

fungsinya peralihan dari taring ke geraham

    1. gigi molar (geraham)

fungsinya menggiling makanan agar menjadi lebih halus sebelum masuk ke saluran pencernaan selanjutnya.

Ohya, jangan tertipu lagi dengan anjuran mengunyah makanan 32 kali di dalam mulut sebelum ditelan. Tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan manfaat nyata dari proses ini bagi pencernaan.

  1. sebagai penyangga

gigi memberikan sandaran kuat berikut rahang untuk memberi bentuk wajah.

  1. Perlindungan dan Pengendalian

Memang agak sulit membuktikannya, tapi dengan adanya gigi, seekor lalat tidak akan nyelonong begitu saja masuk ke dalam mulut kita.

  1. Penampilan

Senyum tanpa gigi (ompong) pastilah aneh kelihatannya, terutama pada gigi anak muda.

No comments:

Post a Comment