Sunday, December 23, 2007

GIGI

Gigi sebagai unsur penting dalam pengunyahan, pencernaan, memiliki beberapa bagian penting.

Pertama, email.

Email adalah bagian utama yang langsung terlihat ketika kita melihat gigi seseorang. Email inilah yang menjadi bungkus terluar dari gigi. Menjadi pertahanan utama dari gigi yang akan melindungi bagian yang lebih dalam, yaitu dentin dari kerusakan. Di bagian ini jugalah karies akan berawal mula.

Kedua, dentin.

Penyangga email ini adalah kekuatan kedua yang akan menopang gigi. Jika email sudah bolong, maka dentin akan berada di ambang kerusakan juga. Dentin terdiri dari serabut-serabut yang disebut tubulus dentin.

Ketiga, pulpa.

Di sinilah terletaknya saluran darah dan saraf yang menyuplai nutrisi untuk gigi. Sementara itu, sel saraf membantu mengenali benda yang masuk ke dalam mulut, apakah panas atau dingin. Peran ini penting karena email adalah salah satu bagian gigi yang sangat sensitif terhadap perbedaan suhu dan mudah rusak.

Keempat, sementum

Sementum berada di sekeliling akar gigi yang membantu gigi menancap kokoh ke dalam tulang rahang dan tetap dalam posisinya.

Kelima, membran periodontal.

Merupakan perbatasan antara gigi dan tulang rahang. Fungsinya seperti shockbreaker yang akan meredam setiap benturan ketika gigi melakukan aktivitasnya, seperti makan makanan keras, contohnya kacang.

No comments:

Post a Comment