Sunday, December 23, 2007

TIPS TERBANG DENGAN AMAN DAN NYAMAN

  1. Pilihlah pesawat dengan kapasitas di atas 30 penumpang. Sebab, pesawat dengan kapasitas ini sudah dirancang dan dibekali dengan aturan yang tegas. Walaupun terjadi kecelakaan, kemungkinan untuk selamat lebih besar.

  1. Meskipun terkesan monoton, perhatikan arahan yang diberikan pramugari sebelum take off, karena apa yang disampaikan itu merupakan prosedur keselamatan baku yang harus dijalankan bila terjadi keadaan darurat. Salah satunya adalah bagaimana mengenakan jaket penyelamat dengan cepat sekaligus benar. Perhatikan pula posisi pintu darurat yang paling dekat dengan tempat duduk anda.

  1. Hindari membawa barang berat dalam bagasi penumpang. Bagasi di atas tempat duduk itu mungkin akan kesulitan menahan beban yang berat apabila terjadi turbulen. Jadi, jika anda kesulitan menyimpannya, letakkan saja di bawah kursi.

  1. Turuti permintaan awak kabin ketika menginstruksikan sesuatu. Misalnya melipat meja, dan memasang seatbelt. Mereka memang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, jadi tidak ada salahnya mengikuti petunjuk mereka.

  1. Kalau memang tidak mengganggu aktivitas anda di pesawat, biarkan seatbelt tetap terpasang. Hal ini sebagai antisipasi kondisi darurat yang mungkin terjadi sehingga anda bisa terlindungi dengan baik.

  1. Hindari konsumsi makanan atau minuman beralkohol sebelum naik pesawat, karena udara dalam kabin bertekanan rendah, sehingga efek alkohol akan lebih keras daripada di kondisi normal.

  1. Hindari membawa benda-benda berbahaya dan benda tajam, atau hewan peliharaan. Antara lain bahan bakar gas dan cair, bahan beracun, hewan kecil seperti hamster, kecuali sudah mendapat izin dari maskapai penerbangan yang anda gunakan.

  1. Untuk penerbangan jarak jauh, pilihlah penerbangan non-stop. Dengan penerbangan non-stop akan mengurangi fase penerbangan yang rentan kecelakaan. Berdasarkan hasil penelitian, pesawat paling sering mengalami kecelakaan pada fase lepas landas, climb, descent, dan mendarat.

Selamat terbang...

No comments:

Post a Comment