Saturday, December 15, 2007

Beberapa hal Tentang Menulis Konten

Beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan ketika akan menulis isi blog anda.

1. Interaktif

Alangkah baiknya jika blog anda dapat memancing orang lain untuk ikut berpendapat. Dengan demikian, selain memancing kunjungan berulang, siapa tahu, pendapat pembaca yang ditulis di komentar malah ikut menjadi penarik perhatian pembaca lain untuk ikut berpartisipasi.

2. Hak Cipta

Jika ingin mengcopy-paste tulisan orang lain, ingatlah bahwa mereka sudah mengeluarkan tenaga dan fikiran untuk menulis. Karena itu, hargailah hasil usaha mereka dengan menuliskan nama mereka atau blog mereka sebagai sumber.

3. Kualitas dan Kuantitas

Tulisan yang berkualitas memang penting. Tapi, jumlah tulisan yang banyak juga berpengaruh baik terhadap blog kita.

4. Up to date

Pastikan tulisan yang anda buat sesuai dengan waktunya, terutama blog yang ingin menampilkan berita. Kalau sudah tidak sesuai dengan waktunya mending jangan diposting lagi dan mencari berita baru yang lebih sesuai. Kecuali tulisan yang masuk kategori evergreen atau bisa kapan saja diposting dan tidak terkait dengan waktu.

5. Buat Batasan Sendiri

Ini berkaitan dengan hal-hal yang akan timbul di kemudian hari, seperti pertanyaan-pertanyaan dari pembaca. Seperti apa yang saya tulis sekarang ini, saya menuliskannya sebagai orang yang sama-sama belajar, sehingga saya menghindari sebisa mungkin kesan menggurui atau sok tahu (kalau ternyata ada kesan seperti itu, mohon dimaafkan, soalnya masih belajar hehehe...)

6. Perbanyak sumber anda

Hal ini untuk lebih memvariasikan tulisan (kata para blogger senior). Tapi, menurut saya tidaklah harus memiliki banyak sumber, cukup pastikan bahwa sumber yang anda punya bonafit atau tidak bertentangan dengan sumber tulisan-tulisan anda yang terdahulu (ga lucu kan kalau tulisan kita dalam satu blog saling bertolak belakang).

7. Gunakan Cerita atau Bubuhkan emosi sedikit

Tulisan-tulisan yang ngetop biasanya dituturkan secara bercerita atau bernilai cerita. Mungkin, akan lebih baik jika kita membubuhkan sedikit cerita atau imajinasi anda di dalam tulisan-tulisan blog anda.

Punya tips lagi?

No comments:

Post a Comment