Saturday, December 15, 2007

MENULIS KONTEN YANG BAGUS

Konten yang bagus di sini mungkin akan bervariasi bagi berbagai orang, di antara konten-konten yang bagus adalah :

Entertainment – banyak blog yang mengisi konten mereka dengan berita-berita seputar kehidupan selebritis dan dunia hiburan. Memang ada cukup banyak pembaca untuk topik ini, terutama jika kebetulan ngefans artis yang diberitakan.

Berita – ada juga beberapa blogger senior yang membuat blog dengan topik peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar mereka, yang mungkin akan menarik bagi pembacanya.

Perdebatan – ini salah satu trik untuk membuat blog anda ramai dikunjungi, bubuhkan sedikit bumbu perdebatan. Isi blog anda dengan pendapat-pendapat yang kontroversial. Ini akan memancing pendapat pembaca.

Info – pernah lihat blog yang berisikan informasi beasiswa? Nah kuran lebih seperti itu. Jadi, blog diisi dengan informasi-informasi baru seputar masalah-masalah yang menjadi topik blog, dan jugadilengkapi dengan tips

Komunitas – salah satu yang saya kenal adalah blognya salah satu pendiri komunitas TDA (Tangan Di Atas). Alamat blognya roniyurziman.blogspot.com.

Pendidikan – biasanya dipraktekkan oleh dosen atau mahasiswa yang ingin lebih menempelkan ilmu yang didapatnya di bangku kuliah ke kepala, yaitu dengan jalan menuliskan kembali apa-apa yang sudah didapatkannya di kampus.

Manakah yang merupakan ciri-ciri dari konten anda?

ada hal-hal lain selain topik yang juga harus anda pertimbangkan dengan baik. Yaitu keaslian konten dan keunikannya. Berkaitan dengan kebiasaan blogger di Indonesia yang lebih banyak mengcopy-pastekan tulisan di blog mereka (termasuk saya), baru-baru ini saya menemukan kenyataan yang membuat saya berputar 180 derajat dan mati-matian belajar membuat konten sendiri. Fakta itu adalah, konten ganda akan menurunkan posisi kita di search engine.

semenjak itu saya mencoba menulis konten tanpa melakukan copy-paste, berikut beberapa cara yang pernah saya coba :

1. Menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris

Metode ini saya gunakan ketika pertama kali dikomplain oleh doshdosh.com karena kasus copy-paste kontennya. Saat itu, dengan semangat kemarahan pada bangsa kulit putih, khususnya google yang ogah masang iklan di situs bahasa Indonesia (beberapa saat setelah itu saya mendapat informasi bahwa ternyata Indonesia adalah salah satu bangsa terbesar di Internet). Kalau memang mereka gak mau masang iklan di blog berbahasa Indonesia, setidaknya biarkanlah fikiran orang Indonesia yang merasuki mereka, begitu fikiran saya saat itu. Dengan segenap tenaga, dan berbekal sebuah kamus Indonesia-Inggris, saya coba menerjemahkan beberapa artikel orang-orang terkenal Indonesia, tapi bukan yang bermuatan politik (ini riskan, soalnya masalah hubungan baik antarbangsa bro).

2. Ringkasan dari apa yang saya baca di buku-buku

Setelah membaca sebuah buku, kemudian saya coba tuangkan dalam beberapa paragraf.

3. Artikel koran atau majalah

Setahu saya, sebuah kutipan dari koran atau majalah tidak harus mendapatkan izin dari penulisnya (Apakah saya salah?)

4. Opini

Kalau seandainya ada topik atau berita yang menurut saya kurang sesuai dengan pandangan saya, saya akan langsung mengcounternya lewat blog.

5. Kegiatan sehari-hari

Tentunya bukan kegiatan-kegiatan ga penting seperti ke wc, mandi dll. Akan tetapi lebih kepada kegiatan yang tidak setiap hari saya kerjakan. Contohnya investasi saham, reksadana, dll.

6. Nulis aja

Ketika saya kehabisan ide dan otak buntu, jurus ini yang terakhir saya keluarkan. Berdasarkan pendapat berbagai penulis tenar, terutama pak HERNOWO, editor MIZAN, ketika kita membiarkan saja semua kata yang terbayang tertulis di komputer atau kertas, akan terbentuk sebuah cerita yang indah dengan sendirinya. Pokoknya nulis aja!

Anda punya tips lainkah?

No comments:

Post a Comment