Saturday, December 15, 2007

MEMILIH AFFILIATE PROGRAM YANG BAIK

Ada banyak program affiliate marketing yang tersebar di internet. Tapi untuk memilih satu mungkin anda perlu perhatikan beberapa hal berikut.


  1. Apakah anda tertarik pada produk dari perusahaan itu?

Jangan bermimpi orang-orang akan mengikuti anda dan membeli produk yang anda tawarkan jika anda sendiri tidak tertarik pada produk yang anda tawarkan. Jika anda pernah bergabung dalam MLM anda tentunya juga disarankan hal yang sama oleh upline anda, “coba dulu produknya!”

Pastikan bahwa produk yang anda tawarkan adalah produk terbaik, dari perusahaan terbaik. Kepercayaan akan terasa dari setiap kata-kata promosi anda seandainya produk yang anda tawarkan memang anda kagumi.

  1. Apakah komisinya pantas buat anda?

Berapa komisi yang diberikan oleh perusahaan itu kepada anda untuk setiap produk yang terjual? Pastikan bahwa mereka membayar sesuai dengan apa yang anda harapkan, kalau tidak? Jangan ragu untuk meninggalkan perusahaan itu, masih banyak yang akan membayar anda lebih layak.

  1. Apakah produknya sesuai dengan tema web/blog anda?

Kalau blog anda tentang mobil, maka sebaiknya affiliate yang anda tawarkan juga mobil (ada ga ya?) intinya, matching dengan web dan topik yang anda bicarakan. Tidak mungkin kalau web anda membicarakan makanan sehat kemudian anda menawarkan minuman keras kan?

  1. Apakah sang program affiliate mengupdate data membernya dengan rutin?

Anda tentunya ingin mengecek data-data, berapa yang telah anda dapatkan, berapa orang yang terlah berhasil anda datangkan, dll. Pastikan bahwa program yang anda ikuti itu mengupdate datanya secara rutin. Saya pernah mendengar keluhan dari seorang blogger senior yang mengeluhkan tidak sesuainya data di situs affiliate tersebut dengan apa yang tercatat di software yang ia pakai. Ini bisa merugikan anda.

  1. Jangan rakus!

Cukup ikuti satu-dua program yang anda rasa paling menarik dan pasanglah linknya di dalam web anda. Kalau anda terlalu rakus akan menimbulkan penampilan yang tidak menarik di web anda ketika banyak link yang bertumpuk di satu halaman.

  1. Apakah program affiliate itu memang ada dan layak?

Coba cari referensinya di berbagai sumber. Ada forum-forum internet yang banyak membahas hal-hal seperti ini. Cobalah simak dan tanyakan bagaimana program affiliate yang anda ikuti itu. Atau, coba email ke kontak yang tercantum dalam web itu, apakah mereka membalas email anda?

  1. Perhatikan bagian-bagian khusus di term of agreementnya.

Biasanya ada beberapa kalimat yang ditampilkan di dalam term of agreement yang mengatur tentang pembatasan penempatan link mereka di web. Dalam aturan itu, selanjutnya mereka hanya menginzinkan link mereka sebagai satu-satunya link affiliate yang terpasang di web anda. Kalau sampai anda tidak memperhatikan aturan ini, bisa-bisa anda dicabut dari keanggotaan.

Mau menambahkan?

No comments:

Post a Comment