Saturday, December 15, 2007

Mendapatkan Uang lewat Blog?

Dalam sebuah tulisan saya beberapa minggu yang lalu sudah saya berikan daftar beberapa program yang dapat membantu blogger mendapatkan uang dari aktivitas ngeblognya.

Tapi, dari beberapa blogger senior saya juga mendapatkan informasi bahwa selain apa yang bisa kita dapatkan secara online, ada juga yang bisa kita peroleh secara offline, di antaranya :

1. Penulis Blog

Buat anda yang punya kemampuan menulis yang bagus, tetapi tidak diimbangi oleh kemampuan SEO atau web design yang memadai, jangan patah semangat dulu. Ada banyak blogger sukses yang karena sudah bergelimang dolar, lalu merekrut penulis-penulis lepas untuk menulis konten buat blog mereka. Salah satu yang saya dengar menggunakan jasa penulis-penulis seperti ini adalah mas cosa aranda.

2. Menerbitkan Buku

Salah satu blogger Indonesia yang saya ketahui bukunya diterbitkan adalah dari www.edittag.com (eh bener ga ya?) dan fany ariasari. Tentu saja buku yang diterbitkan tidak lepas dari kegiatan ngeblog mereka.

3. Penulis Lepas

Terkadang, suratkabar atau majalah juga tertarik dengan kemampuan menulis para blogger. Tindak lanjutnya, merekrut mereka sebagai penulis lepas.

4. Usaha Pelatihan

Anne ahira juga membuka kelas khusus google adsense. Semua modulnya berasal dari pengetahuan anne ahira dalam kegiatan onlinenya.

5. Diundang Menjadi Pembicara

Penulis di edittag juga diundang menjadi pembicara, juga berkaitan dengan kegiatan ngeblognya.

Berapa Banyak Uang yang Bisa didapatkan?

Wah kalau ini sih ga bisa dipastikan. Sebagai gambaran aja, di Indonesia ada yang bisa dapat sampai 5 digit (≥ $ 10.000). Tapi, ada banyak lagi yang mendapatkan kisaran 3 digit (≥ $ 100). Hasil ini sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh :

1. Traffic

Berapa banyak orang yang berkunjung ke blog anda akan mempengaruhi besar pendapatan yang anda dapatkan. Semakin besar trafik yang berkunjung, semakin besar pula potensi pendapatan blog anda.

2. Sumber Trafik

Apakah trafik kita bersumber dari luar negeri atau Indonesia. Soalnya kebanyakan program iklan atau affiliate online, menginginkan trafik dari luar negeri, terutama negara-negara barat.

3. Biaya Yang anda keluarkan

Semakin banyak anda mengeluarkan biaya, biasanya semakin besar pula yang anda dapatkan. Sebagai contoh, anda yang menggunakan adwords untuk mendapatkan pengunjung.

4. Topik Blog

Mungkin kita sudah membahas ini sebelumnya. Semakin bagus topik yang kita pilih, dengan kata lain, topik yang paling banyak dicari saat ini, semakin besar pula potensi pendapatan yang bisa anda dapatkan.

5. Umur Blog

Sebetulnya, umur blog tidaklah terlalu signifikan pengaruhnya. Tetapi, secara logika, blog yang sudah lama akan lebih banyak dikenal di dunia maya. Dengan demikian, juga meningkatkan kemungkinannya memperoleh pengunjung yang banyak, otomatis juga potensi pendapatan meningkat.

6. Pengelolaan

Apakah anda secara rutin mengupdate blog anda? Ataukah hanya pada saat-saat tertentu ketika anda ingin saja? Semakin sebuah blog rutin diupdate, semakin besar pula pengunjung yang membaca, semakin besar pula potensi pendapatannya.

No comments:

Post a Comment