Saturday, December 15, 2007

Menulis Konten yang Bagus Part II

Seperti sudah disebutkan di tulisan-tulisan sebelumnya, pembaca blog jarang menghabiskan waktu mereka untuk membaca tulisan secara utuh. Mereka hanya memperhatikan sekilas dan jika tidak menarik menurut mereka, langsung ditinggalkan. Ini ada beberapa tips lagi dari blogger senior tentang membuat tulisan yang bagus :

1. Buat daftar tulisan/list

Maaf, kalau anda tanya apakah saya sudah mempraktekkan ini, saya belum sama sekali. Dikarenakan keterbatasan pengetahuan saya dalam hal bahasa HTML, saya agak bingung membuat list tulisan ini. Sementara itu, dalam blogger.com yang saya gunakan, hanya ada sistem pelabelan, saya melabeli setiap tulisan saya dengan tema yang sesuai, sehingga ketika pembaca tertarik, mereka bisa mengklik label tersebut dan keluarlah tulisan-tulisan yang sesuai. Untuk para blogger yang berkutat di wordpress atau menguasai HTML mungkin ada penjelasan?

2. Jenis Tulisan

Mungkin sudah banyak yang tahu, kalau tulisan yang menggunakan blod, italic, atau underline itu akan membantu peningkatan popularitas blog tersebut di search engine?

3. Gambar

Penggunaan gambar juga akan menarik perhatian pembaca. Tapi, mungkin perlu juga diperhatikan untuk tidak menggunakan gambar secara berlebihan karena akan memperlambat waktu loadpage. Efeknya, web akan lebih lambat muncul ketika diklik, awalnya pengen untung malah jadi buntung.

4. Jeda

Sediakanlah sedikit jeda pada tulisan. Mungkin antar paragraf, tujuannya agar para pembaca tidak merasa terlalu pusing ketika membaca tulisan yang bertumpuk-tumpuk. Dengan adanya jeda, mereka akan memiliki kesempatan untuk menarik nafas terlebih dahulu untuk kemudian membaca tulisan kita sampai selesai.

5. Paragraf pendek

Jangan terlalu memaksakan tulisan muncul dalam satu paket utuh. Bagilah ke dalam paragraf-paragraf kecil, mungkin akan lebih nyaman bagi pembaca.

6. To The point

Jangan biarkan pembaca membaca tulisan yang bertele-tele, itu tidak akan menyenangkan bagi mereka. Pastikan mereka sudah mendapatkan ide tentang tulisan anda di awal kalimat, dengan kata lain, sesegera mungkin.

Mau menambahkan?

No comments:

Post a Comment