Friday, February 29, 2008

Semampumu…

“Kita menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita rasa mampu untuk kerjakan. Orang lain menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang telah kita lakukan.” (Henry Wadsworth Longfellow)

Alkisah, pada suatu hari seorang pembuat jam berkata pada jam yang sedang dibuatnya, “Hai jam, apakah kau sanggup berdetak paling tidak 31.104.000 kali dalam setahun?”



“Ha? Itu terlalu berat!” Kata jam terperanjat, “Aku takkan sanggup.”

“Bagaimana kalau 86.400 kali dalam sehari?”

“Delapan puluh enam ribu empat ratus kali? Dengan jarum yang kurus-kurus seperti ini?” jawab jam penuh keraguan.

“Bagaimana kalau 3600 kali dalam satu jam?”

“Dalam satu jam harus berdetak tiga ribu enam ratus kali? Banyak sekali itu!” tetap saja jam masih meragukan kemampuan dirinya.

Tukang jam dengan penuh kesabaran tetap berbicara pada jam, “Kalau begitu sanggupkah kamu berdetak satu kali saja setiap detik?”

“Hah!!! Cuma sekali saja? Naaah, kalau begitu aku baru sanggup.” Kata jam dengan penuh antusias.

Maka setelah selesai dibuat, jam itu berdetak satu kali setiap detik. Tanpa terasa, detik demi detik terus berlalu, dan jam itu sungguh luar biasa, karena ternyata selama satu tahun penuh dia terus berdetak tanpa henti. Dan itu artinya dia telah berdetak 31.104.000 kali!

Inspirasi :

Kadang kita terlalu meremehkan akan apa yang sebenarnya mampu untuk kita lakukan. Padahal begitu banyak yang sanggup kita kerjakan. Pesimisme akan mengurung kemampuan yang luar biasa itu, dan optimisme akan membangkitkan tenaga ekstra. Cara memandang sesuatu pekerjaan akan mempengaruhi kemampuan kita untuk melakukannya.

Dan kisah ini juga dapat kamu gunakan untuk perubahan sikap atau kebiasaan kamu. Tetapkan satu kebiasaan, hanya satu (ingat! Jarum jam tadi hanya melakukan satu tugas yaitu berdetak). Pastikan kebiasaan yang ingin kamu ubah tersebut adalah kebiasaan buruk yang paling ringan menurut kamu, misalkan suka kentut sembarangan. Buatlah janji untuk satu minggu ini kamu ga akan kentut sembarangan, atau kalo ga sanggup, turunkan standar waktunya. Satu hari ini aku ga akan kentut sembarangan. Masih tidak sanggup? Satu jam ini aku tidak akan kentut sembarangan. Ketika kamu berhasil melewati satu jam tersebut segera perbaharui janji tadi untuk satu jam berikutnya. Begitu seterusnya dan tanpa kamu sadari sehari, seminggu, bahkan setahun akan terlewati dan kamu tak pernah sekali pun melakukan kesalahan itu lagi

Ga percaya kalo kemampuan kita sebagai manusia itu gila-gilaan? Coba baca deh fakta-fakta berikut ini, dan kamu bakal yakin bahwa setiap manusia itu diciptakan Allah dengan amat baik. Kamu bisa melakukan banyak hal, kamu itu istimewa, karena tubuh kamu sendiri adalah tubuh yang istimewa. Ini faktanya:

Mata kita bisa membedakan hingga 10 juta warna.

Panjang pembuluh darah kita jika disambungkan bisa meliputi 100.000 km.

Kekuatan seluruh otot itu, kalo digabungin bisa menarik beban seberat 25 ton.

Masih kurang? Dalam 24 jam jantung berdenyut sebanyak 103.689 kali, darah menempuh perjalanan sejauh 168.000.000 mil, kegiatan pernafasan berlangsung sebanyak 23.040 kali, menghirup udara sebanyak 483 m³, menelan 2 kg makanan, minum 3 liter air, berbicara sebanyak 21.000 kata, menggerakkan 750 otot, kuku tumbuh sepanjang 0,00012 cm, dan rambut tumbuh 0,9 cm.

Ga itu aja, otak kita yang beratnya 1,5 kg, mengandung 1 triliun sel otak, yang masing-masing sel otak memiliki kemampuan komputasi yang lebih bagus dari sebuah PC terbaru.

Setelah melihat fakta-fakta di atas, apakah kita masih akan berkata kalo kita ga bisa apa-apa?

Guru Beethoven menyebut Beethoven sebagai seorang komposer yang tidak mempunyai masa depan.


No comments:

Post a Comment