Friday, February 1, 2008

Pertolongan pertama pada gigi tanggal

Jika seandainya suatu saat gigi anda terantuk atau anda mengalami kecelakaan ringan dan gigi anda copot, segeralah temui dokter gigi terdekat. Pada beberapa kasus, gigi yang copot dapat diperbaiki kembali dengan cara menanamkan gigi tersebut kembali ke lubangnya. Tapi ingat, ada istilah yang disebut golden period. Golden period ini adalah masa dimana gigi yang copot masih dapat baik kembali setelah dipasangkan, kurang lebih paling lama setengah jam setelah gigi copot. Jadi, usahakanlah untuk bertindak cepat setelah anda mengalami copot gigi.



Beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika mengalami gigi copot adalah :

  • Pegang gigi anda di mahkotanya, jangan akarnya.
  • Jangan menggosok atau menggerus gigi tersebut untuk membersihkannya.
  • Bilaslah gigi tersebut dengan hati-hati di dalam ember atau wadah berisi air bersih. Jangan dicuci di bawah air mengalir.
  • Setelah merasa yakin cukup bersih, tempatkan gigi tersebut kembali ke dalam lubangnya. Kemudian pelan-pelan gigit gigi tersebut untuk menekannya merapat ke dalam lubangnya. Mungkin anda bisa menempatkan perban atau kantong teh celup di sela-sela gigitan tersebut. Tujuannya agar gigi tersebut tidak mengalami tekanan yang terlalu frontal (ga ngerti ya? Saya juga bingung gimana kata-katanya yang bagus hehehe).
  • Kalau anda tidak mengerti bagaimana cara menempatkannya kembali, segera letakkan gigi tersebut ke dalam wadah berisi susu murni, ludah anda sendiri, atau larutan air garam dengan takaran kurang lebih ¼ sendok teh garam dicampur ke dalam 1 liter air. Setelah itu, segera temui dokter gigi terdekat dengan membawa gigi tersebut tetap dalam wadahnya.

Kalau anda ikut serta dalam olahraga beladiri atau olahraga keras lainnya, anda bisa minta dibuatkan pelindung gigi yang sesuai ke dokter gigi.

var textSize = ''; var valArray = getCookieValue('mcDotcomSession'); valArray = valArray.split("|"); for(i=0;i


No comments:

Post a Comment