Wednesday, November 28, 2007

Memilih Platform Blog

Saya tidak akan mengatakan kepada anda jenis blog mana yang harus anda pilih, seperti yang akan anda rasakan nanti, ada banyak alasan tepat untuk memilih jenis blog yang tersedia sesuai dengan tujuan blog anda.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin berguna untuk membantu anda memilih jenis blog yang sesuai dengan keinginan anda.

Apa tujuan anda ngeblog

Apakah anda memang berkeinginan ngeblog fulltime?

Apakah hanya hobi?

Apakah saya ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari blog saya?

Tentu saja ada banyak pertanyaan lain yang ingin anda tanyakan namun jawaban dari pertanyaan pendek ini cukup berguna untuk disimpan dalam benak anda dalam memulai pengamatan jenis blog karena sebagian jenis blog cocok untuk penulis yang hanya berlandaskan hobi dan lainnya cocok untuk blogger profesional.

Berapa bujet yang anda sediakan untuk ngeblog?

Soalnya setiap platform blog berbeda-beda harganya. Ada blogger yang gratis. Wordpress yang semigratis, dan jika anda ingin membuat blog sendiri dengan domain yang anda cari di pasaran tentunya butuh dana juga selain dana hosting. Kurang lebih yang harus anda keluarkan secara rutin adalah:

  • Platform blog itu sendiri
  • Hosting untuk blog itu
  • Domain

Berbagai platform yang beda harga juga menawarkan service yang berbeda. Blogger.com dan wordpress.com menawarkan gratis domain dan hosting. Sementara itu wordpress.org musti bayar untuk hosting dan domainnya. MovableType juga total harus bayar.

Biaya lain yang mungkin perlu anda perhitungkan di awal adalah:

  • Desain – semua jenis layanan menyediakan fasilitas templates gratis (ada yang bahkan tampilannya lumayan profesional) namun jika anda menginginkan sesuatu yang lebih individual, unik anda butuh kemampuan desain, atau minimal kenal dengan seseorang yang bisa dan mau mengerjakan desain dengan bayaran atau pun tidak dibayar.
  • blog tools – ada banyak tool yang dapat anda beli untuk membantu anda mengelola blog. Ini termasuk paket statistik (sekali lagi ada yang gratis dan ada yang tidak), blog posting tools offline dll. Jika anda seorang pemula mungkin anda tidak membutuhkan ini – namun seiring bertambahnya pengalaman dan jam ngeblog anda ini akan sangat berguna.

Seberapa dekat anda dengan teknologi?

Seberapa mampukah anda memanfaatkan teknologi? – Ini adalah faktor krusial yang harus disadari ketika memilih jenis layanan blog. Jika anda belum memiliki pengalaman membuat blog atau website dan bukan seseorang yang tertarik pada teknologi informasi maka ada beberapa jenis layanan blog yang mungkin lebih sesuai untuk anda dibanding jika anda mengetahui beberapa dasar, atau setidaknya mau mempelajarinya.

Pilihan lain tentunya mencari seseorang yang mau mengerjakannya (dibayar atau tidak). Salah satu hal yang menyenangkan dari blog dan kebanyakan jenis layanan blog adalah adanya komunitas ilmu dan forum-forum yang bertujuan untuk membantu orang-orang dalam memaksimalkan jenis layanan yang mereka pilih.

Jenis layanan apa yang paling banyak dipake orang?

Sekitar beberapa tahun yang lalu berbagai jenis blog datang dan pergi dan menurut saya ini masih terjadi hingga beberapa tahun ke depan.

No comments:

Post a Comment