Wednesday, November 28, 2007

BAgaimana Memilih Topik yang Bagus untuk Blog?

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin bagus untuk dipikirkan sebelum memilih topik blog yang bagus untuk anda pribadi. Apa saja itu?

Apakah Anda Tertarik dengan Topik itu?

Bagi saya ini sangat masuk akal. Bagaimana anda akan mengisi blog tersebut, secara rutin memperbaharui tulisan anda, jika di dalam jiwa anda sendiri anda masih memiliki rasa enggan kepada topik itu. Sebaliknya, jika anda mencintai topik itu, seperti seseorang yang sedang bertemu sahabat karibnya, anda takkan henti-hentinya bercerita di dalam blog anda, dan ini akan menjadi nilai bantu yang cukup bagus untuk kegiatan anda ngeblog.

Untuk lebih jelasnya begini. Ada dua alasan besar yaitu :

Pertama, jika anda ingin membuat blog yang populer dan dihargai akan butuh waktu yang lama dan anda harus melakukan pendekatan dalam waktu yang lama untuk membangunnya. Untuk menemukannya cobalah bertanya pada diri sendiri ‘apakah saya akan bisa terus menulis dalam topik ini dalam waktu 12 bulan ke depan?’ Jika anda tidak bisa, saran saya, carilah topik lain.

Alasan kedua adalah para pembaca anda akan segera mengetahui apakah anda benar-benar menyukai topik anda atau tidak. Blog yang kering dan tanpa gairah tidak akan berkembang – sangat masuk akal jika tak seorang pun yang ingin membaca tulisan yang tidak bahkan penulisnya sendiripun tidak menyukainya.

Apakah Topiknya Populer?

Meski keinginan para blogger sangat penting, namun tidaklah cukup untuk membangun sebuah blog yang populer. Resep lainnya yang penting adalah orang-orang mau membaca informasi dalam topik yang anda tulis. Hukum penawaran dan permintaan adalah apa yang diajarkan oleh kebanyakan sekolah bisnis kepada mahasiswanya pada semester pertama pelajaran ekonomi dan itu berlaku juga di sini. Mungkin anda tertarik pada topik anda tapi jika yang lain tidak maka anda akan selalu berjuang mati-matian untuk membangun blog yang dibaca banyak orang.

Tentu saja perlu tetap anda ingat bahwa anda menulis dalam medium dengan audiens global berjuta orang dan oleh karena itu anda tidak membutuhkan topik yang dicari oleh semua orang, hanya satu saja yang dicari oleh beberapa orang karena meski itu sesuatu yang kecil jumlahnya namun jika mereka punya ketertarikan yang besar dapat menjadi sesuatu yang berharga.

Apakah Topik Itu Sedang Berkembang Ataukah Mulai Ditinggalkan Orang?

Juga perlu anda ingat bahwa topik yang populer terus berganti setiap waktu. Akan sangat menguntungkan jika kita mengambil sebuah topik yang belum dikenal banyak daripada mengambil topik yang sedang ditinggalkan pembaca.

Cobalah membangun kebiasaan memperhatikan apa yang sedang dicari orang. Cobalah selalu bertanya pada diri sendiri ‘apa yang akan dicari orang di web dalam 6 sampai 12 bulan ke depan?’

Pasang mata pada apa yang dilakukan orang dan tren apa yang sedang berjalan. Lakukan lewat media online tapi juga tontonlah TV, majalah, suratkabar dan bahkan percakapan anda sendiri dengan teman.

Bagaimana Kompetisi dalam Topik itu?

Salah satu perangkap yang menjebak beberapa blogger ketika memilih topik adalah memilih topik yang paling populer tanpa memperkirakan kompetisi yang mungkin mereka hadapi di pasaran. Kemungkinannya adalah jika anda mengidentifikasi sebuah topik bagus yang menurut anda ‘panas’ pada saat itu maka begitu juga orang lain. Teori penawaran dan permintaan berperan lagi – pada setiap tingkat permintaan informasi pada sebuah topik hanya ada beberapa sumber informasi yang bisa diambil.

Web semakin hari semakin ramai dan kadang rasanya tak ada lagi topik yang bagus untuk blog. Walaupun ini benar pada beberapa topik populer – ingatlah bahwa anda tidak harus memilih satu topik yang dicari oleh semua orang. Faktanya terkadang beberapa topik yang tidak terlalu populer yang tidak ada persainganlah yang menjadi peraih pembaca terbanyak.

Saya punya seorang teman yang setelah bertahun-tahun berusaha menulis tentang alat-alat elektronik terbaru beralih ke topik yang dia dapat dari kegiatannya membeli barang-barang murah. Dia terkesima oleh kenyataan bahwa setelah beberapa bulan menulis di topik barunya trafiknya berkembang sangat cepat (dan menghasilkan banyak uang) daripada situs alat elektroniknya.

Sebagaimana saya sering katakan dalam blog ini – menjadi ikan besar dalam kolam kecil lebih baik daripada menjadi ikan kecil di kolam besar.

Adakah Celah Yang Bisa Diambil Dalam Kompetisi?

Ini pertanyaan besar yang berhubungan dengan kompetisi. Anda perlu mencari ‘celah’ yang belum terisi. Ketika kompetitor anda memiliki keunggulan dari pembaca yang sudah terbentuk, anda punya keuntungan fleksibilitas dan bisa menempatkan blog anda dengan sangat cepat untuk mengisi celah pada topik hangat yang anda perhatikan – untuk menciptakan celah, anda harus menciptakan subtopik dari topik yang bagus itu.

Apakah Anda Akan Memiliki Cukup Konten?

Salah satu kunci blog yang sukses adalah memiliki kemampuan untuk muncul dengan isi yang segar pada topik mereka untuk waktu yang lama. Sebaliknya, salah satu ‘pembunuh’ kebanyakan blog adalah penulis mereka kehabisan bahan pembicaraan.

Menjawab pertanyaan apakah ada cukup konten, bisa dilakukan dalam dua tingkatan:

  • 1. Apakah ANDA punya cukup isi dimana ANDA sebagai penulisnya? Ini kembali pada pertanyaan yang pernah kami tanyakan tentang semangat anda, ketertarikan anda
  • 2. Apakah anda memiliki akses pada sumber isi dan inspirasi yang lain? Ada banyak hal di dunia online yang bisa membantu anda dalam hal isi. Beberapa tempat untuk melihat berita baru tentang topik anda adalah Google News, Topix, Yahoo! News, Bloglines, Technorati, dan Blog Pulse (masih banyak lagi).

Apakah Ada Peluang Pendapatan Besar Di Balik Topik Itu?

Tidak semua orang harus menjawab pertanyaan ini jika tujuan mereka bukan membangun blog yang bertujuan entrepreneur . Anda yang ingin mendapat uang dari blog harus menekankan ini.

Jika anda tertarik mencari pendapatan dari blog anda perlu mencari tahu apakah topik yang anda pilih memiliki potensi pendapatan yang besar. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, ada banyak cara mendapatkan uang dari blog – bagaimanapun persoalannya adalah tidak semua topik mampu menawarkan peluang pendapatan yang banyak. Beberapa blog mengiklankan affiliate program dan sukses (kuncinya adalah menemukan program affiliate yang berkaitan erat dengan tulisan anda) dan lainnya berhasil dengan iklan berbasis jumlah klik (mereka yang memiliki jumlah trafik yang tinggi).

Pilihlah Yang Bagus

Titik ini adalah saatnya anda memilih topik untuk blog anda. Mungkin anda tidak bisa menemukan topik yang bagus dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Meski akan sangat menyenangkan jika berhasil menemukan topik yang anda sukai dan memiliki pembaca yang besar dan tanpa kompetisi – namun kenyataannya kebanyakan topik yang anda temukan memiliki setidaknya satu kelemahan. Jangan menjadikan ini penghalang – akan ada masanya ketika anda hanya perlu memutuskan dan mulai menulis blog.

No comments:

Post a Comment