Thursday, November 29, 2007

Blog GRATIS

contohnya WordPress.com, Blogger.com, MSN Spaces, TypePad (ada juga yang bayar) program2 ini paling banyak digunakan karena mereka mudah digunakan dan biasanya cukup murah (seandainya tidak gratis).

Mereka menyediakan tempat untuk blog kita dengan domain dari mereka. Jadi di belakang nama blog kita ada embel-embel nama mereka, contoh : tomoriku.blogspot.com, tomohib.blogspot.com dll. Kita Cuma disibukkan dengan proses update isinya (tulisan).

Kelebihan dan Kekurangan Blog Gratis

Keuntungan:

  • Murah atau bahkan Gratis.
  • Relatif mudah settingannya – kebanyakan dari tipe ini bisa disetting dengan template yang sudah ada dengan hanya beberapa menit saja. Masalah yang timbul dalam persiapannya biasanya hanyalah mengisi beberapa data isian dan memilih desain templatenya. Sangat ideal jika anda tidak tahu sama sekali atau hanya sedikit tentang teknologi blog.
  • Mudah dijalankan – Setelah anda selesai melakukan proses persiapan yang mudah tadi, Anda perlu mempelajari beberapa dasar, namun saat ini kebanyakan layanan tambahan mudah digunakan. Memasukkan tulisan (posting) hanya perlu mengisi beberapa isian dan menekan tombol publish.
  • Diupdate secara otomatis – jika jenis layanan blognya diupdate hal ini juga akan terjadi pada blog anda. Dengan kata lain, meskipun blogger melakukan perubahan macam-macam, blog anda tetap aman.
  • Cepat diindex oleh Search Engine – salah satu keuntungan dari kebanyakan layanan blog gratis adalah ditaruh dalam domain yang sudah memiliki page rank yang bagus. Meskipun blog anda tidak tercantum dalam search engine ketika memulai blog, kebanyakan blogger mengatakan bahwa blog mereka cepat dikenali di search engine. Dalam jangka panjang mungkin tidak setinggi blog lain yang berdiri sendiri – namun mereka cepat masuk ke SE.

Kelemahan:

  • Konfigurasi yang terbatas – Sebagai contoh, WordPress.com memiliki keterbatasan pilihan desain. Blogger.com tidak memberi pilihan untuk kategorisasi dan TypePad memiliki pilihan-pilihan yang berbeda bergantung pada level mana yang anda beli.
  • Desain yang terbatas – Kebanyakan blog gratis malah keliatan mirip dengan desain blog yang juga bergabung di dalam satu layanan yang sama. Ini karena default template yang tersedia digunakan berulangkali dan jika anda adalah pemula anda juga akan melakukan hal yang sama. Untuk merubah desain di Blogger.com (dan anda bisa membuat blog anda lumayan unik) anda harus mengetahui CSS dan HTML untuk mengedit template (mungkin ini juga berguna jika anda memakai jenis layanan blog lainnya).
  • Kontrol yang terbatas – Keluhan umum lainnya yang sering saya dengar dari para pemilik blog gratis adalah mereka tidak mendapatkan kontrol penuh terhadap blognya. Meski mereka yang memiliki kontennya, URLnya bukan milik mereka dan mereka sedemikian rupa harus bergantung pada jasa layanan blog mereka.
  • Tidak bisa membuat URL Unik – memiliki URL sendiri dapat memberikan rasa profesional dan ingatan jangka panjang terhadap suatu blog yang layanan blog gratis tak dapat berikan. Meski ada beberapa blog sukses yang berasal dari blog berhosting beberapa blogger tetap percaya bahwa memiliki URL pribadi lebih profesional bagi anda yang ingin menjadikan blog anda sebagai jalur profesi.
  • Kesulitan ketika berpindah ke layanan blog yang berdiri sendiri – Mungkin pertanyaan penting yang perlu difikirkan sebelum anda meilih layanan blog gratis adalah apa yang akan anda lakukan jika blog anda semakin besar atau anda mengalami masalah dan anda harus pindah? Salah satu pembicaraan yang muncul ketika anda memulai dengan blog gratis adalah jika datang waktunya ketika anda ingin berpindah ke blog yang berdiri sendiri anda perlu kerja tambahan untuk mengembalikan traffic anda. Saya tidak mengatakan ini mustahil namun ada implikasi dari mengganti domain terhadap pembaca, harus merangkak naik di search engine lagi dan mengarahkan pembaca kembali pada blog anda.

Jika anda hanya menginginkan sebuah blog dan tidak terlalu ambil pusing dengan keunikan domain, tidak tertarik mengutak-atik blog anda atau menggunakan fasilitas-fasilitas terbaru yang tersedia di internet maka pilihan berhosting adalah pilihan yang sangat tepat. Camkan dalam benak anda bahwa meskipun beberapa orang mungkin mengejek layanan blog berhosting dan mengatakan bahwa seorang blogger yang serius tidak menggunakannya – ada beberapa blogger populer yang menggunakannya dan sukses. Sebagai contoh Robert Scoble di WordPress.com, PostSecret di Blogger.com, dan HackMSNSpaces di MSN Space (semuanya berada di peringkat tertinggi di FeedsterTop 500).

No comments:

Post a Comment