Friday, November 30, 2007

Memilih Nama Domain yang Bagus

Kayak ngasih nama untuk seorang bayi, nyari nama domain menyenangkan sekaligus agak menyusahkan. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan seperti bagaimana nama panggilannya, siapa lagi yang punya nama seperti itu, kalo orang mendengar nama itu apa yang akan mereka fikirkan, apakah namanya gampang untuk diucapkan, atau pake nama orang terkenal dll. Dan apa yang akhirnya kita putuskan menjadi nama si bayi adalah sebuah keputusan yang akan mempengaruhinya seumur hidupnya.

Yah...mungkin ada yang berpendapat milih nama domain ga sama dengan nama orang. Tapi, jujur aja, sedikit banyak itu bakal mempengaruhi kelangsungan blog anda.

Kenapa Ingin Punya Nama Sendiri?

Biasanya, nama sendiri akan menimbulkan kesan yang profesional dan unik. Kalau sebuah nama mudah diingat, bukan tidak mungkin pengunjung akan datang dan datang kembali mengunjungi blog anda. bahkan bisa berdampak positif pada ranking di search engine.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Nama Domain

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan nama domain dalam kegiatan ngeblog kita

Tujuan

Apa tujuan anda ngeblog, biasanya yang bertujuan profesional juga kelihatan dari nama domainnya.

Topik Blog

Ini sudah pasti. Biasanya topik dari blog itu sudah kelihatan ketika orang membaca nama domainnya.

Harapan jangka panjang

Apa yang anda inginkan dalam jangka panjang? Apakah ingin membangun citra anda sendiri, hanya sekedar hobi ataukah ingin mendapatkan banyak iklan dll.

Berapa orang yang mengelola blog itu

Kalau pengelolanya banyak tentunya pemilihan nama blog harus disepakati bersama, beda dengan blog yang hanya dimiliki satu orang saja.

Isi blognya serius atau kasar, atau jenaka

Ini juga akan mempengaruhi pemilihan judul blog yang kita ambil. Kalau isinya jenaka, namanya juga bakal ada fun-funnya atau lucu-lucuannya.

Panjang Nama

Jangan sampai membuat judul yang terlalu panjang sehingga sulit untuk diingat oleh pembaca. Pilihlah yang singkat atau normal dan gampang diingat. Kadang orang juga malas menuliskan alamat web yang terlalu panjang.

Dot apa?

Ini buat yang bikin blog dengan hosting berbayar. Dot apa yang akan ditampilkan di belakangnya? Apakah .com (dot com) .net, .org dll.

No comments:

Post a Comment