Friday, November 30, 2007

APAKAH WRIGHT BERSAUDARA ADALAH ORANG PERTAMA YANG BERHASIL TERBANG?


APAKAH WRIGHT BERSAUDARA ADALAH ORANG PERTAMA YANG BERHASIL TERBANG?

Wilbur dan Orville Wright tidak berhasil menjadi orang yang berhasil menerbangkan pesawat pertama di dunia. Mereka menghabiskan masa mudanya dengan bermain pesawat kertas, dan di tahun 1901 mereka berhasil melakukan ratusan kali percobaan di terowongan angin. Pada 1902, pesawat mereka (jenis glider) adalah mesin terbang terbesar yang pernah dibuat. Orville Wright berkata, “Sekarang kitalah pemegang semua rekor! Mesin terbesar....terlama melayang di udara, mampu menukik dengan sudut yang terkecil!”

Mereka merujuk pada mesin buatan Charles E. Taylor, dan pada Februari 1903 mereka mendapatkan sebuah mesin bermotor. Pada Juni, mereka telah membuat propeler. Mereka menuju Kitty Hawk, North Carolina pada bulan September untuk membangun Flyer (pesawat pertama mereka).

Pada Senin 13 Desember 1903, hasil undian dengan koin memberikan kehormatan pada Wilbur untuk melakukan penerbangan pertama. Mesin dan propeler menjadi bagian penting dari pesawat itu, Flyer terangkat namun tiba-tiba menukik, dan akhirnya rusak.

Pada Jumat 17 Desember 1903, Flyer diperbaiki, Orville berhasil melakukan penerbangan pertama. Berlangsung selama 12 detik. Wilbur melakukan penerbangan kedua, yang menghabiskan waktu tak sampai sedetik lebih lama dari penerbangan pertama. Orville melakukan penerbangan ketiga, menempuh 60 meter dalam 15 detik. Pada siangnya, Wilbur melakukan penerbangan keempat. Flyer menempuh 255,6 meter selama 59 detik. Dia mendarat dengan aman, namun tiba-tiba tiupan angin kencang menjungkilkan pesawat, mematahkan sayapnya dan merusak motor pesawat. Tidak ada lagi penerbangan hingga 1903.

Ada lima orang saksi pada penerbangan pertama Wright bersaudara. Orville bahkan menyiapkan kamera agar Tuan Daniels (salah satu teman mereka) bisa mengambil foto. Tapi tidak ada wartawan saat itu. Pada musim semi 1904, mereka membuat pesawat baru dan mengundang wartawan. Cuaca tidak bersahabat, namun karena ada wartawan di sana, mereka tetap mencoba. Pesawatnya gagal lepas landas. Wright bersaudara gagal menjadi berita. Mereka berhasil terbang lagi tapi menghabiskan sisa hidup mereka untuk memperjuangkan hak paten dan meninggal tanpa mengetahui bahwa dunia akhirnya menyadari hasil kerja mereka. Pada 1914, Franklin Institute menjadi institusi keilmuan pertama yang menyadari pencapaian Wright bersaudara.

Tapi, benarkah Wright Bersaudara adalah yang pertama terbang?

Ketika Wright bersaudara berhasil mengudara, terbang sudah menjadi hobi seorang petani Selandia Baru bernama Richard Pearse. Sambil bekerja di peternakannya, dia merancang mesin terbangnya sendiri. Pearse berhasil melakukan penerbangannya yang pertama kira-kira pada Maret 1902. keberhasilannya tidak pernah diketahui hingga beberapa tahun terakhir ini.

Namun, ada sebuah catatan yang menyebutkan tentang sebuah penerbangan yang bahkan lebih awal. “Dua tahun, empat bulan dan tiga hari sebelum keberhasilan penerbangan Wright bersaudara di Kitty Hawk, sebuah pesawat berhasil melayang di udara pada pagi subuh 14 Agustus 1901, dekat Bridgeport, Connecticut, membawa perancang dan pembuatnya, Gustave Whitehead, sejauh kira-kira setengah mil.” – Megan Adam, keturunan Gustave A. Whitehead.

Meskipun tidak ada cetak biru dari pesawat Whitehead, bukti-bukti semakin menunjukkan bahwa Whitehead mungkin adalah orang pertama yang terbang di atas sebuah pesawat bermesin.

Pada 1901, Wright bersaudara memiliki catatan terbaik dalam hal ketinggian di dunia, beberapanya karena bantuan hasil kerja George Cayley. Pada 23 Maret 1903, mereka mandaftarkan paten untuk penemuan baru mereka. Hal ini membuat mereka berhak mendapatkan fee (royalti) untuk setiap penggunaan desain mereka. Beberapa tokoh penerbangan menolak membayar.

Charles W. Furras, mekanik Wright bersaudara, menjadi penumpang pesawat pertama ketika Wilbur Wright memberinya kesempatan terbang selama 29 detik pada 1908. Wright bersaudara juga membawa penumpang pada demonstrasi di Eropa dalam usaha menjual paten mereka.

Meskipun Wright bersaudara dicatatkan sebagai orang pertama yang menerbangkan pesawat bermesin pada 1903, ada bukti yang mengatakan bahwa Gustave A. Whitehead mengangkasa dengan pesawatnya pada 1901.

No comments:

Post a Comment