Thursday, November 29, 2007

Blog Personal, berdiri sendiri, domain sendiri, serba sendiri

Ada WordPress.org, MovableType, PMachine, Greymatter, B2Evolution, TextPattern dan Expression Engine dll.

Keuntungan dan Kekurangannya

Keuntungan:

  • Kontrol penuh terhadap desain – semua bergantung pada kemampuan anda dalam mendesain web. Saya tidak mahir dalam bidang ini, dan saya sering terkesima oleh kemampuan beberapa teman saya dalam menciptakan desain yang hebat. Tentu saja blogger dengan kemampuan yang minim harus meminta orang lain membuatkan.
  • Adaptabilitas – di WordPress banyak asesoris tambahan yang dikembangkan yang bisa digunakan untuk menambah keindahan tampilan blog kita. Biasanya ada komunitas pengembang yang memproduksi berbagai variasi tambahan features dan plugins.
  • URL – Memiliki nama domain anda sendiri adalah sebuah keuntungan untuk berbagai alasan. Salah satunya adalah mudah diingat, kedua lebih profesional dan ketiga akan mudah membentuk brand anda.

Kekurangan:

  • Proses set up yang rumit – sekali lagi ini bergantung pada kemampuan teknis anda dan pemahaman anda terhadap web namun ketika anda beralih ke layanan blog yang berdiri sendiri(mandiri) maka kerumitan proses set up-nya akan meningkat. Seringkali termasuk mempersiapkan data base dan mendownload ke komputer anda dan kemudian menguploadnya lewat ftp ke server web hosting anda.
  • Biaya Ada biaya selanjutnya seperti domain (biaya tahunan ditambah biaya registrasi) dan biaya hosting (juga tahunan). Ada banyak rencana mahal setelah ini jadi jangan terlalu banyak menghabiskan uang – mungkin saja nanti blog anda akan kebanyakan trafik dan biaya akan meningkat dan mungkin anda akan memikirkan untuk beralih ke rencana yang lebih profesional dan mahal.
  • Update – Kebanyakan layanan blog berubah versi dari waktu ke waktu. Memperbaharui dari yang satu ke yang lainnya bisa rumit jika anda tidak memiliki kemampuan yang cukup.

Jenis layanan blog seperti ini sangat ideal jika anda menginginkan kontrol yang lebih luas atau fleksibilitas dalam kegiatan nge-blog. Bisa diatur dan terlihat lebih profesional dan bisa dirancang dan hanya dibatasi oleh imajinasi anda sendiri. Tentu saja meski anda membuat blog mandiri tidak menjadi jaminan blog anda akan terlihat sangat profesional. Faktanya jika anda tidak memiliki kemampuan untuk mempersiapkan blog ini dengan benar (atau mengenal seseorang yang bisa) blog mandiri bisa menyusahkan dan menjadi blog yang tidak terlihat profesional.

Sudah banyak blog yang menjadi contohnya – mayoritas dari blog Top 50 di Feedster adalah blog mandiri.

No comments:

Post a Comment