Wednesday, November 28, 2007

Pertanyaan Penting Sebelum Ngeblog

  1. Apakah anda senang menulis? – Blog didominasi oleh media tulisan. Jika anda tidak menikmati pekerjaan menulis, maka kemungkinan besar anda tidak akan menikmati blog.
  2. Apa pesan yang ingin anda sampaikan? – Meskipun banyak aplikasi untuk blog, mohon digarisbawahi kebanyakan (jika tak mau menyebut semuanya) bertujuan unutk mengkomunikasikan sebuah pesan. Apakah anda ingin menyampaikan sesuatu? Apa anda punya pesan? Memulai blog hanya karena anda ingin punya satu blog mungkin menyenangkan, namun mungkin juga membuang waktu saja.
  3. Apakah anda komunikator yang bagus? – Saya tidak yakin bahwa seorang komunikator yang baguslah yang berhak memiliki blog – (blog bisa menjadi sarana berlatih bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasinya) tapi bisa menjadi sebuah kelebihan apabila anda memiliki dasar-dasar kemampuan berkomunikasi.
  4. Apakah anda lebih baik dalam menulis atau berbicara? – Kebanyakan komunikator hanya hebat di satu bidang (atau minimal mereka lebih baik di bidang yang satu dibanding lainnya). Jika menurut anda berbicara, mungkin anda bisa mempertimbangkan podcasting atau web berbasis video.
  5. Apakah anda mau menjadi sang penyuara di website anda? – Meskipun blog bagus untuk membangun komunitas – pada umumnya mereka mengedepankan satu orang (atau kelompok kecil) sebagai pemancing pendapat dalam pembicaraan. Orang lain harus merespon pendapat yang lainnya. Jika anda menginginkan orang lain yang memulai, maka forum adalah media yang lebih baik.
  6. Apakah anda berinisiatif? – Memulai blog memerlukan sedikit inisiatif. Meskipun software blog saat ini memudahkan kita, mereka tak bekerja sendiri dan butuh seseorang yang termotivasi untuk mengendalikannya.
  7. Apakah anda berdisiplin? – Blog membutuhkan perhatian rutin dari waktu-ke waktu. Meskipun posting harian tidak diharuskan, tapi mungkin memberi keuntungan. Apakah anda sanggup memotivasi diri sendiri untuk menulis sesuatu yang baru setiap hari?
  8. Apakah anda punya waktu? – Berkaitan dengan kebutuhan akan perhatian rutin adalah kebutuhan akan waktu. Apakah anda punya cukup waktu dalam jadwal anda untuk menulis setiap hari? Bukan hanya itu, apakah anda memiliki waktu untuk memberikan sedikit komentar, menjawab pertanyaan pembaca, menyimak tulisan blogger lain, membangun jaringan dengan blogger lain dsb.?
  9. Apakah anda mudah tersinggung? – Jika anda memulai sebuah blog, kemungkinan untuk ditemukan dan orang lain menulis sesuatu tentang anda atau sebagian dari apa yang anda lakukan sangat besar. Ini menyenangkan jika mereka positif dan setuju dengan anda – tapi akan berbeda jika mereka mengkritik (kadang pantas kadang ngasal). Apakah anda mampu menghadapinya?
  10. Apakah anda siap disorot publik? – Blog adalah ranah publik. Setiap hari anda memajang diri anda di hadapan yang lainnya. Orang-orang akan menganalisa kata-kata anda dan gaya anda. Beberapa ingin kenal anda lebih jauh dan beberapa mungkin menyapa anda ketika berpapasan di jalan (beberapa kali terjadi pada saya). Ketika beberapa blogger adalah ‘selebritis’ – meletakkan diri anda di internet adalah cara hidup yang memiliki konsekuensi. Perlu anda ingat bahwa sekali anda menulis sesuatu secara online sangat sulit untuk menghapusnya kembali. Mungkin anda bisa menghapus blog anda, tapi arsip blogger lain tetap memuat apa yang anda tulis dan anda bisa hidup dalam sorotan publik lebih lama daripada anda menjadi blogger.
  11. Apakah anda memiliki kemampuan teknis? – Persyaratan yang satu ini tidak pernah saya dalami, tapi sebuah keuntungan bagi anda untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan teknis. Anda akan bekerja di depan komputer dengan software berbasis web dan pada saat itu anda harus mengutak-atik blog anda. Mengetahui bagaimana melakukannya tanpa bantuan orang lain akan sangat membantu anda. Jika anda bukan tipe orang seperti ini, mungkin anda perlu berteman dengan seseorang yang memiliki kemampuan ini.
  12. Apakah anda orang yang serius? – Salah satu karakter yang menurut saya harus dimiliki oleh seorang blogger adalah rasa humor – terutama keberanian untuk mentertawakan diri sendiri. Meskipun banyak contoh blogger yang membawakan dirinya dengan sangat serius, sebagian besar blogger yang sukses memiliki kemampuan untuk mentertawakan dirinya sendiri.
  13. Apakah anda memiliki campuran sifat rendah hati dan ego? – Pasangan dari rasa humor adalah kerendahan hati. Walaupun di blogosfir orang-orang yang besar kepala amat berlimpah hanya yang rendah hatilah yang bisa menjadi pemenang. Dan ego di sini adalah ego yang sehat, memandang apa yang anda ucapkan berharga karena di blog juga ada unsur promosi diri. Untuk memiliki kedua sifat ini tidaklah mudah – tapi patut untuk dipelajari.
  14. Apakah anda mau belajar? – Saya melihat blog sebagai perjalanan dimana setiap orang tahu seseuatu tapi tidak ada yang tahu semuanya. Hal ini berlaku untuk setiap topik yang kamu lontarkan. Blogger terbaik adalah yang mau membagi ilmunya dan mau mencari dan menyebarkan ilmu orang lain. Dalam poin ini semua orang belajar – termasuk ‘para ahli’.
  15. Apakah anda senang membaca? – Pandai menulis itu bagus – tapi kemauan untuk membaca apa yang ditulis oleh orang lain juga penting. Jika saya bisa memutar kembali perjalanan saya dalam blog, ternyata saya lebih banyak membaca dibandingkan menulis setiap harinya. Untuk setiap tulisan yang saya buat saya membaca tiga sumber.
  16. Apakah anda orang yang teratur? – Walaupun saya yakin bahwa banyak blogger yang kacau dan tidak teratur – pasti ada satu titik dimana kehidupan para blogger yang serius sedikit diatur. Dengan email yang berdatangan, bahan tulisan yang menumpuk, yang punya banyak blog dan jika semua terjadi pada saat bersamaan waktu akan mudah terbuang sia-sia.
  17. Apakah anda makhluk sosial?Ada banyak gaya blog, namun jika disederhanakan kebanyakan blogger menginginkan hubungan dengan pembacanya. Beberapa mungkin membiarkan pembaca begitu saja (mungkin mereka mematikan komentar dan jarang menjawab email) namun akan lebih baik jika anda betul-betul terikat dengan pembaca anda. Jika anda tidak menyukai masyarakat maka ini menjadi menantang. Dengan kata lain mungkin ‘apakah anda orang yang hangat?’
  18. Apakah anda menikmati hubungan ‘virtual’? – Beberapa orang sosial yang saya kenal sangat buruk dalam interaksi onlinenya. Mereka tidak merasakan apa-apa dan lebih memilih bertatap muka daripada via email, instan messenger atau forum. Merasa nyaman untuk berbicara atau bekerja dengan orang yang belum pernah anda temui sebelumnya adalah kelebihan buat anda. Berkaitan dengan ini adalah apa yang saya sebut memiliki ‘intuisi virtual’. Salah satu bahaya berhubungan dengan orang lain secara online adalah mereka mungkin tidak seperti apa yang sebenarnya. Mengembangkan kemampuan untuk bekerjasama meskipun orang itu tidak sama dengan apa yang dikatakannya mungkin patut anda pelajari.
  19. Apakah anda kreatif? – Sekali lagi ini bukan keharusan – hanya nilai tambah. Web adalah tempat ramai yang memberi kesempatan kepada kita untuk mengembangkan isi blog dan komunitas dimana penulis yang mampu menampilkan sesuatu yang beda akan mendapat nilai tambah.
  20. Apakah anda sanggup bertahan? – Meskipun beberapa blog sukses dalam sekejap, kebanyakan tidak. Kenyataannya banyak (sebagian besar) blog tidak pernah sesukses apa yang diimpikan oleh penulisnya. Bertahan adalah salah satu dasar yang sering saya sampaikan pada kebanyakan blogger.
  21. Apakah anda konsisten? – Salah satu alasan umum mengapa banyak blogger bermasalah dengan pembacanya atau blogger lain adalah dia mengganti pendekatan blognya. Blogger yang terus-terusan mengganti topik blog mereka, atau yang ingin mendapatkan lebih banyak pembaca dalam sekejap, atau mereka yang mengganti ‘suara’ yang dituliskan dalam blog mereka akan kehilangan pembaca. Meskipun tak ada yang menyukai blog yang membosankan – orang-orang ingin tahu apa yang bisa mereka dapatkan dari kita.
  22. Apakah anda jujur dan terbuka? – Jika jawaban anda tidak pada pertanyaan ini maka anda mungkin akan menemukan kegunaannya suatu saat nanti. Walaupun dalam kehidupan nyata sangat gampang untuk menyimpan rahasia atau bermuka dua – blogosfir memiliki budaya dimana orang-orang saling memperhatikan satu sama lain dan membeberkan rahasia atau kelemahan anda. Meskipun anda membuat batas dalam tulisan-tulisan anda, anda perlu mempersiapkan diri untuk konflik kepentingan dan mau dipertanyakan kembali tentang apa yang anda tuliskan.
  23. Apakah anda mau bekerja keras? – Tingkat kerja keras yang anda butuhkan bergantung dari tujuan dan keinginan anda – tapi jika anda berkeinginan menjadi orang besar selanjutnya dalam blog maka saya jamin anda akan membutuhkan kerja yang sangat keras. Tentu saja ini tidak hanya berlaku untuk blog saja, namun di semua bidang kehidupan.

Saya yakin masih banyak pertanyaan berharga lainnya yang patut ditanyakan sebelum memutuskan bahwa blog tepat untuk anda (silahkan anda tambahkan sendiri) tapi inilah yang keluar dari buah fikiran saya. Kalau saya baca kembali, tampak seperti wawancara kerja bagi blogger-blogger potensial.

Tolong diingat bahwa saya berasal dari latar belakang orang yang menganggap blog sebagai pekerjaan iseng, sampingan, ga penting dan mungkin ini mewarnai tulisan-tulisan saya. Jadi daftar di atas hanya lebih menunjukkan jalan untuk menjadi blogger yang serius sebagai aktivitas entrepreneur atau aplikasi bisnis.

No comments:

Post a Comment