Monday, March 24, 2008

Jujur

Berkata benar.........................itu yang mengisi fikiranku hingga saat ini. Salah satunya, tentu saja, misalnya blog ini. Blog, dalam berbagai definisinya, dan blog yang aku tahu di tahun 2000-an adalah sebuah jurnal. Sebuah catatan pribadi. Para pemilik blog memang mengisi blog mereka dengan pendapat, curhat dll. Aku mengalami dilema ketika dihadapkan pada pendapat bahwa, “bukankah blog seperti bergunjing?” membicarakan orang lain di belakang. Apalagi kalau di dalam blog itu ada figur orang lain yang kita ceritakan. Tapi, ada fakta lain yang rasanya pantas untuk disimak.




Tidak semua tindakan kita akan ditanggapi orang lain sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ketika kita berkata jujur, apalagi tentang seseorang, ada dua kemungkinan yang muncul, diterima dengan baik atau malah kesal. Positif dan negatif. Tapi, jika menyampaikan lewat orang ketiga (termasuk blog) juga ada dua kemungkinan. Diterima dengan baik atau dianggap membicarakan orang tersebut di belakangnya. Positif dan negatif.

Alhasil aku akhirnya mencoba mengambil hikmah, “semua punya tempatnya masing-masing”. Dengan kata lain, semua akan memberikan hasil yang positif ketika dilakukan pada saat yang tepat, dengan cara yang tepat. Menyelami kepribadian orang yang akan dilibatkan dalam pembicaraan juga sebuah poin penting dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan.

Semoga Allah selalu menjaga lisan kita, tulisan kita, bahasa tubuh kita dalam segala kesempatan. Amin.



No comments:

Post a Comment