Friday, September 12, 2008

8 Hal Yang Patut Dipertimbangkan Untuk Menentukan Desain Blog

sebelum anda menggonta-ganti theme blog anda ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :


  1. Mendesain kembali itu nyebelin
    Jadi sebelum anda menentukan perubahan yang akan anda lakukan, pikirkan matang-matang. Apakah desain blog yang anda gunakan saat ini akan anda rombak total atau ada beberapa unsur yang akan anda pertahankan. Perlu diingat bahwa mendesain kembali blog anda akan memberikan efek yang berbeda kepada pengunjung juga. Jadi, sekali lagi, fikirkan matang-matang.
  2. Featuring Konten Terbaik anda
    Mungkin anda bisa melihat dalam beberapa blog populer, bagaimana mereka menempatkan sebuah daftar artikel-artikel favorit mereka pada salah satu bagian di dalam blog theme-nya. Hal ini penting untuk menjaga agar pembaca yang menemukan blog anda dalam desain yang barunya bisa tetap mendapatkan artikel-artikel yang mereka sukai dan memancing pembaca baru melirik artikel-artikel anda.
  3. Monetizing
    Anda perlu mempertimbangkan dimana akan meletakkan iklan-iklan dan kode-kode penghasil dolar anda dalam blog theme anda yang baru. Hal ini penting jika anda ingin tetap menghasilkan jumlah yang sama, atau bahkan lebih banyak dari sebelumnya.
  4. Kenyamanan Pembaca
    Salah satu faktor penting dalam desain sebuah theme untuk blog adalah kenyamanan bagi pembaca. Bukankah anda menulis blog salah satunya bertujuan untuk menarik perhatian banyak pengunjung? Kenyamanan ini berkaitan dengan warna background, warna tulisan, kontras, jenis font dan ukurannya, dll.
  5. Pendaftaran Email
    Subcription ini perlu juga anda pertimbangkan. Dimana akan anda letakkan nantinya pada desain blog anda.
  6. Navigasi
    Anda perlu mempertimbangkan bahwa pengunjung tidak akan langsung menemukan halaman depan blog anda. Mereka mungkin hanya melihat salah satu artikel dari blog anda lewat google. Oleh karena itu, anda perlu memikirkan bagaimana caranya ketika mereka ingin melihat isi blog anda yang lainnya. Seperti apa dan bagaimana susunan link atau penghubung lainnya yang akan anda pasang dalam blog anda tersebut.
  7. Anda akan menampilkan Keseluruhan Tulisan atau Hanya Ringkasannya
    Hal ini juga akan berpengaruh pada desain theme blog anda karena, jika anda menampilkan artikel anda secara keseluruhan akan berbeda desainnya dengan artikel yang hanya sebagian saja.
  8. Kecepatan Loading
    Desain yang ribet tentunya menjanjikan waktu load yang lebih lama dibandingkan desain yang simple dengan sedikit gambar. Pengunjung hanya punya waktu sedikit untuk tertarik pada situs anda. Oleh karenanya, anda harus memaksimalkan waktu mereka yang sedikit itu.

2 comments:

  1. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih buat Abang karena telah menulis buku Go Blog yang membuat aku sekarang bisa ngeblog. sekali lg tengkyu

    ReplyDelete
  2. terimakasih...tapi blog saya pindah ke www.tomoriku.blogspot.com

    ReplyDelete