Friday, February 1, 2008

12 Tips Meningkatkan Ad Relevancy

Iklan berbasis PPC (Pay Per Click) seperti AdSense, YPN dan Chitika memang akan lebih optimal jika desain dan bla-bla-bla lainnya sesuai. Tapi, yang lebih penting lagi, ad relevancy. Ad relevancy ini adalah kesesuaian iklan yang ditampilkan dengan ide awal kita membuat blog tersebut. Akan sangat merugikan kan, seandainya ada pengunjung blog yang sangat tertarik dengan salah satu tulisan kita, tapi tidak bisa menemukan link ads yang cocok, akhirnya kita kehilangan satu klik. Sayang sekali



Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan ad relevancy ini.

  1. keywords di dalam konten. Dengan tidak bermaksud merusak tulisan anda. Mungkin bisa anda masukan dua atau tiga keyword yang anda inginkan di dalam setiap tulisan anda.
  2. keywords di judul. Ini sangat berpengaruh juga terhadap iklan yang akan muncul.
  3. perhatikan sidebar, header, footer, dan menu anda. Hampir sama dengan keyword tadi, usahakan apa yang tertulis di bagian-bagian ini betul-betul apa yang memang menjadi fokus blog anda.
  4. menulis dalam satu topik. Semakin anda terfokus dalam menulis blog, semakin Google akan mengenal blog anda dan memilihkan iklan yang cocok. Kalau topik yang anda tulis terlalu beragam, akibatnya iklan yang ditampilkan juga tidak fokus.
  5. apakah iklannya muncul. Hal ini jarang terjadi pada Adsense, soalnya Google memiliki variasi tema iklan yang sangat luas. Pada program lain, mereka tidak punya cukup variasi iklan, akibatnya, jika topik anda terlalu langka, tidak ada iklan yang akan muncul. Sia-sia kan.
  6. pastikan apa yang dilihat oleh orang lain. Iklan yang dilihat oleh anda mungkin berbeda dengan iklan yang dilihat oleh orang lain, soalnya pemasang iklan juga kadang mensyaratkan wilayah tertentu sebagai target pembacanya. Akibatnya, orang di belahan dunia sana akan melihat iklan yang berbeda dengan anda. Ini menjadi feedback buat anda, apakah iklan yang muncul di sana sesuai dengan apa yang anda harapkan.
  7. blok iklan yang tidak relevan. Mungkin agak ribet, mengingat iklan Google itu sangat banyak. Tapi, anda bisa ngeblok iklan-iklan yang tidak anda sukai lewat menu Competitive Ad Filter di Google Adsense.
  8. butuh waktu. Apa yang anda lakukan tidak pasti langsung menjadi perubahan di blog anda. Semua butuh waktu, termasuk untuk Google mengenali apa sebenarnya kebutuhan anda.
  9. kalau anda bingung juga, tanya Google. Kadang setelah mengikuti petunjuk2 adsenser, ternyata iklan yang ditampilkan tidak sesuai. Mending tanya langsung ke Google, apa sebenarnya yang kurang.

Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment